Search

About Farah

Farah Salsabila adalah seorang perempuan yang sedang menempuh pendidikan magister di Universitas Gadjah Mada. Dia sangat suka menulis, dan dia menulis tentang banyak hal, mulai dari beauty, lifestyle, travel, fashion, resep, dan curahan hati. Dia berharap tulisan - tulisannya banyak membantu orang lain, walaupun hanya sekedar sedikit hiburan bacaan, atau yang sedang butuh referensi produk, resep, dan tempat wisata. Dia juga sangat berterimakasih kepada kamu yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog ini, dan terus membuat dia semangat menulis. Dia berdoa semoga kamu juga diberikan kebahagiaan dan kemudahan.

Perhatikan 6 Hal Ini Untuk Solo Trip yang Aman dan Nyaman

Pernahkah Kamu kepikiran untuk melakukan liburan seorang diri? Disebut sebagai solo trip, kegiatan tersebut sudah banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Namun, semakin ke sini semakin banyak pula mereka-mereka yang melakukan solo trip baik di dalam maupun luar negeri.

Nah, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui sebelum melakukan solo trip agar aman dan nyaman. Mula-mula, perhatikan transportasi yang dipakai menuju destinasi, misalnya dengan memesan tiket Batik Air di Traveloka. Selain itu, jika bepergian sendiri, Kamu bisa memanfaatkan transportasi umum menuju bandara seperti salah satunya Damri, Kamu bisa melihat Jadwal Damri Bandara terlebih dahulu sebelum menuju ke bandara. Tidak hanya itu, ada beberapa hal penting lainnya yang bisa Kamu simak di bawah ini!

 

1. Bawa Perlengkapan Secukupnya 💼

Jika Kamu hendak bepergian sendirian alias melakukan solo trip, pastikan barang-barang yang Kamu bawa tidak melebihi kapasitas dari tenaga Kamu, ya! Semisal, jika kamu hanya mampu membawa satu koper ukuran medium sendirian maka semaksimal mungkin, bawalah pakaian dengan kapasitas koper tersebut. Perlu diingat bahwa ketika melakukan solo trip sudah jelas kamu akan pergi kemana-mana sendirian dan mengartikan bahwa tidak ada orang yang selalu berada disampingmu untuk Kamu minta bantuan. Maka dari itu, jangan coba-coba untuk membawa muatan melebihi tenaga Kamu yang justru akan membuat liburanmu menjadi tidak nyaman dan merepotkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pilihlah pakaian-pakaian ringan atau sekiranya dapat dipakai lebih dari sekali, seperti jeans, jacket, dan lainnya. Selain itu, tidak ada salahnya juga ketika liburan nanti, Kamu bisa melakukan kegiatan mencuci baju Kamu sendiri guna menghemat pakaian yang dibawa atau bisa juga pergi ke laundry coin terdekat di lokasi yang sedang Kamu tuju!

 

2. Bawa Tripod  📷

Kamu gemar mengabadikan moment namun merasa struggle ketika pergi sendirian? Maka dari itu jangan lupa untuk membawa tripod! Kamu bisa mengabadikan momen sebebas hati Kamu tanpa harus merasa takut untuk merepotkan orang lain. Untuk mendukung tripod tersebut, Kamu juga bisa membawa bluetooth remote untuk mengatur kapan foto harus diabadikan dari jarak jauh. Membawa kedua benda tersebut merupakan trik jitu utama bagi para traveler yang sedang melakukan perjalanan seorang diri. Beberapa dari mereka mengatakan benda tersebut sangat mendukung mereka dalam mengabadikan momen, terlebih mereka yang memiliki sifat pemalu untuk meminta orang lain mengambilkan foto mereka.

 

3. Membuat Itinerary Agar Perjalanan Lebih Tertata 📝

Baik bepergian bersama-sama maupun sendirian, membuat itinerary merupakan hal yang sangat direkomendasikan ketika hendak melakukan liburan. Hal ini bertujuan agar liburan atau perjalanan Kamu lebih tertata dan meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia akibat kebingungan hendak kemana terlebih dahulu. Kalau sudah menyiapkan itinerary sebelum liburan tiba, hal tersebut akan membuat liburanmu jauh lebih nyaman dan menyenangkan. Tidak ada lagi yang namanya kebingungan hendak kemana karena semuanya sudah tercatat dalam itinerary.

 

4. Jangan Asal Menginformasikan Terkait Kepergian 💬🚫

Memang, sudah banyak sekali sekarang yang gemar melakukan traveling seorang diri lalu berujung bertemu dengan teman barunya di tempat yang ia tuju. Namun, hal ini bukan mengartikan Kamu secara ‘ceplas-ceplos’ memberikan informasi mengenai Kamu yang sedang melakukan traveling seorang diri kepada seseorang yang belum Kamu kenal. Bepergian sendiri jauh lebih rentan bahaya dibandingkan bepergian beramai-ramai. Jika beramai-ramai mungkin Kamu dan teman Kamu akan jauh lebih mampu untuk melawan bahaya tersebut karena kuantitas yang melawan lebih dari satu. Namun, bagaimana jika Kamu seorang diri? Tentu hal tersebut tidaklah mudah. Maka dari itu, tetaplah waspada selama liburan Kamu berlangsung, jangan bagikan informasi kepada sembarang orang karena hal tersebut dapat menjadi boomerang Kamu! Disarankan untuk lebih berhati-hati saja ketika hendak mencari teman sesama pelaku solo trip di kota yang Kamu tuju.

 

5. Membawa Powerbank 📱

Yang namanya liburan sudah pasti tidak mengenal jam sampai-sampai bisa saja Kamu melakukan aktivitas di luar selama seharian. Pastinya hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan selalu ada ponsel Kamu yang menemani Kamu selama perjalanan tersebut. Tidak hanya menjadi alat dalam mengabadikan momen, namun ponsel Kamu juga berguna ketika hendak menghubungi seseorang atau aktivitas lainnya yang mungkin bersifat urgent. Oleh karena itu, sebisa mungkin janganlah Kamu membiarkan ponsel Kamu mati dalam jangka yang lama, pakailah ponsel seperlu mungkin guna menghemat daya baterai dan yang terpenting yakni selalu membawa powerbank di tas pergi Kamu. Pilih powerbank dengan berat beban yang ringan didukung juga dengan bentuk yang minimalis.

 

6. Riset Destinasi Liburan 🔍

Last but not least, yang satu ini merupakan hal yang paling mendasar ketika Kamu hendak berliburan baik seorang diri maupun bersama-sama. Selain memberikan gambaran mengenai destinasi wisata yang dituju, dengan melakukan riset kecil-kecilan, Kamu setidaknya jadi tau juga mengenai budaya, masyarakat, dan gaya hidup di destinasi yang Kamu tuju. Penting untuk menghindari kota dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi terlebih ketika Kamu hendak melakukan solo trip. Pilihlah kota dengan penduduk yang ramah atau memiliki budaya yang sekiranya friendly bagi Kamu si Solo Traveler.

 

Itu tadi 6 tips yang bisa kamu lakukan jika ingin bepergian seorang diri. Sudah siap menjadi solo traveler?

Comments

  1. Dulu waktu sebelum nikah suka bayangin kalau solo travel gimana, tapi enggak pernah berangkat sendiri, takut nyasar. 😅

    ReplyDelete
  2. Aku yang sering solo traveling setuju semua sama point' ini
    Kalau jalan sendiri semua-muanya ditanggung sendiri, kayak misalnya transport. Otomatis alokasi budget untuk akomodasi lebih gede

    ReplyDelete
  3. jaman aku dulu suka solo travel gak sama dg sekarang ya, lebih sulit. sekaarng mau cari hotel, mudah, tahu tentang destinasi wisata tinggal buka google

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnya kak. Dari ke 6 tips baru aku jalanin 4 aja kalau lagi wisata hahaha

    ReplyDelete
  5. aku jadi kangen wisata sama keluarga hahaa liburan terakhir des 2019 donk

    ReplyDelete
  6. Selama ini aku traveling ke banyak negara, tapi jujur ga suka solo traveling. Banyak temen yg nyaranin utk coba, udah pernah kucoba, sekali ke Palembang, sendirian. Ternyata malamnya langsung nelpon suami untuk nyusul besoknya wkwkwkwkwk.

    Aku memang tipe traveler yg harus ada temennya far. Kenapa ga cari temen baru pas traveling?? Bisa aja, tapi aku ga bisa langsung akrab cepet Ama orang yg blm dikenal. Butuh waktu lama. Di awal2 aku yg ada curigaan banget. Makanya kenapa aku lebih suka jalan ada temennya. 😄. Lebih nyaman aja jalan dan ngobrol Ama temen yg udah dikenal baik soalnya

    ReplyDelete
  7. Aku dlu pgn bgt solo traveling sebelum merit setidaknya sekali, tapi zonk, blm kesampean sampe skrg Far, hihihi, tapi aku tetep pengen sih solo traveling setidaknya sekali seumur hidup, biar ngrasain sensasinya hihihi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Join the conversation!
Dilarang berkomentar yang memuat link atau promosi, terimakasih atas kerjasamanya.