Search

About Farah

Farah Salsabila adalah seorang perempuan yang sedang menempuh pendidikan magister di Universitas Gadjah Mada. Dia sangat suka menulis, dan dia menulis tentang banyak hal, mulai dari beauty, lifestyle, travel, fashion, resep, dan curahan hati. Dia berharap tulisan - tulisannya banyak membantu orang lain, walaupun hanya sekedar sedikit hiburan bacaan, atau yang sedang butuh referensi produk, resep, dan tempat wisata. Dia juga sangat berterimakasih kepada kamu yang sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog ini, dan terus membuat dia semangat menulis. Dia berdoa semoga kamu juga diberikan kebahagiaan dan kemudahan.

Memulai Bisnis Digital Marketing Lengkap dengan Tips Menyusun Strateginya

source

Digital marketing sekarang sudah jadi hal yang penting, terutama bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya. Tak bisa dipungkiri, peran digital marketing di era teknologi sekarang ini sangat besar. Bisa jadi wadah untuk branding, memperkenalkan produk, dan menjaring konsumen lebih banyak lagi.

Dengan berbagai alasan sebelumnya, menjadi seorang digital marketer bisa jadi lahan yang sangat menggiurkan. Keinginan bisa financially independent retire early sudah bukan mimpi lagi. Tapi memang, menjadi seorang digital marketer sukses bukan hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu jadi bekal.

 

Memulai Bisnis Digital Marketing 

Tidak ada batasan usia untuk memulai bisnis digital marketing, bahkan bagi kamu yang baru lulus sekolah atau sedang sekolah pun juga bisa. Tapi tentu saja harus punya modal, salah satu yang utama adalah skill yang mumpuni.

Pertama-tama, hal yang harus diputuskan adalah, ingin pekerjaan digital marketing apa yang akan dipilih. Apakah jadi content writer, digital strategist, social media specialist, SEO specialist, atau paid ads specialist. Supaya ilmu yang dimiliki semakin banyak, ada baiknya untuk terus menggali berbagai informasi dan menambah pengalaman. Jika benar-benar baru, lowongan untuk jadi anak magang bisa dicoba.

Jangan lupa untuk memperbanyak networking, supaya nantinya lebih mudah untuk menjaring klien sekaligus informasi. Bekali diri dengan berbagai alat yang dibutuhkan, mulai dari komputer, laptop, smartphone, aplikasi-aplikasi pendukung, sampai dengan jaringan wifi yang mumpuni.

 

Menyusun Strategi Bisnis Digital Marketing 

Setelah menemukan jenis digital marketing dan produk yang akan digarap, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan target pasar. Mulai dari pekerjaan, lokasi, kelompok usia, saluran media sosial favorit dan lain sebagainya. Jika sudah dikategorikan akan lebih mudah melakukan promosi nantinya.

Hal selanjutnya, bangun aset untuk sarana promosi. Misalnya saja di website, kanal YouTube, dan lain sebagainya. Pastikan kamu memberikan portofolio terbaik, lengkap dengan cara klien menghubungimu.

Selain portofolio, ada banyak hal yang perlu untuk kamu sematkan. Mulai dari berbagai keuntungan yang bisa didapatkan klien sampai dengan informasi hal lainnya yang lebih rinci. Jika ada, kamu juga bisa menyematkan berbagai testimoni dari para pengguna jasamu sebelumnya.

Tahapan selanjutnya, kamu bisa membangun sosial media untuk membuat bisnis yang dijalani semakin terlihat profesional. Buatlah minimal 2 sosial media, bisa Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, atau lainnya. Supaya sosial media yang dibangun lebih menghasilkan, kamu bisa mengisinya secara rutin. Tapi jika merasa tidak memiliki waktu, bisa merekrut staff.

Agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang lagi, kamu bisa menggunakan berbagai tools yang lebih canggih untuk memasarkan produkmu. Mulai dari SEM, SEO, sosial media campaign, dan lain sebagainya.

 

Memahami Istilah Umum Digital Marketing 

Menjadi seorang pemula di dunia digital marketer, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah memahami berbagai istilah umum yang ada di dunia digital marketing. Supaya nanti bisa nyambung saat diajak interaksi dengan klien atau teman-teman seprofesi.

Setiap cabang digital marketing, memiliki istilah-istilah umum yang biasanya digunakan. Namun kali ini akan difokuskan ke istilah yang paling umum. Contohnya saja:

  • SEO merupakan singkatan Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari untuk bisa di posisi paling atas mesin pencari.
  • SEM adalah singkatan Search Engine Marketing yang tugasnya mengoptimalkan mesin pencari dengan menggunakan iklan berbayar
  • Artificial Intelligence atau Al atau kecerdasan buatan yang banyak diterapkan diberbagai digital marketing.
  • Engagement Rate sebuah metrik dasar yang digunakan untuk acuan pemasaran di media sosial, bisa di Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.
  • Affiliate Marketing merupakan tindakan mendapatkan komisi atau bayaran dari memasarkan produk orang lain.

Sebenarnya masih banyak sekali berbagai istilah di dunia marketing, ada baiknya untuk dipelajari lebih jauh lagi supaya skill semakin mumpuni.

 

Jadi digital marketer juga merupakan peluang yang sangat menggiurkan, penghasilannya akan semakin besar jika klien yang bisa dijaring tambah besar lagi. Supaya keuangan bisa dikelola dengan lebih baik, putar uang dingin dengan melakukan investasi. Agar ilmu investasi semakin lihai, daftarkan diri kamu untuk jadi member di Ternak Uang.

Ternak Uang merupakan sebuah platform untuk belajar investasi dan bidang keuangan lainnya yang didirikan oleh beberapa investor muda Indonesia ternama. Dengan jadi member di Ternak Uang, kamu berkesempatan mengikuti kelas-kelas ekslusif dengan pembicara ahli. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengakses ke berbagai modul pembelajaran agar kamu mahir dalam belajar keuangan.

Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGER16. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member nanti.

Comments