Search

Hi, I am Farah

Hai!

Aku Farah. Aku menulis tentang banyak hal, mulai dari beauty, fashion, lifestyle, travel dan yah apa yang ada di kepalaku dan aku mau post, aku tulis disini hehe. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ku ❤. Thanks for supporting my blog. Semoga kamu bahagia selalu dan selalu diberkahi oleh Yang Maha Kuasa 🤍. Selamat membaca and enjoy my blog 🤗!

Your online bestie,

Farah

Ampuh! Begini 6 Cara Mengatasi Jerawat Meradang dan Gatal di Muka

Indonesia

Source

Kondisi wajah yang penuh dengan jerawat pastinya membuat kita menjadi kurang percaya diri. Tidak hanya mengganggu penampilan saja, jerawat yang meradang disertai gatal tentunya akan terasa tidak nyaman.

Tapi sebaiknya kamu tetap tidak menggaruk jerawat, sebab bisa memperburuk keadaan. Lebih baik lakukan cara mengatasi jerawat meradang dan gatal berikut ini.

1. Hindari Menyentuh Jerawat 

Sebaiknya jangan menggaruk jerawat yang gatal karena bisa memperburuk keadaan dan menimbulkan luka yang lebih parah. Dalam hal ini, akan lebih baik apabila kamu memang menghindari menyentuh wajah dan khususnya area yang berjerawat tersebut.

Pasalnya kondisi tangan yang sedang tidak bersih, akan membuat kuman dan bakteri di tangan berpindah ke wajah. Sehingga berpotensi membuat kondisi jerawat semakin parah, bahkan bisa juga menyebar pada area lain dengan cepat.

Maka dari itu, kurangi menyentuh wajah dan pastikan kamu mencuci tangan dengan bersih apabila ingin mengaplikasikan makeup atau skincare.

Baca Juga: Dua Skincare Dari Rivera, Combo Untuk Kulih Sehat, Bersih dan Lembab

2. Membersihkan Wajah Secara Teratur 

Cara mengatasi jerawat meradang dan gatal berikutnya yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur. Karena jerawat yang meradang umumnya muncul karena dipicu oleh kondisi kulit wajah yang kotor.

Kondisi itulah yang acap kali mengakibatkan rasa gatal luar biasa pada area berjerawat tersebut.

Sehingga kamu perlu memastikan untuk membersihkan wajah dengan teratur supaya mencegah munculnya jerawat baru. Tapi kamu juga harus memperhatikan produk pembersih yang digunakan.

Hindari produk dengan kandungan alkohol, sebaliknya pilih produk dengan kandungan yang lebih banyak air karena cenderung aman untuk wajah berjerawat.

Baca Juga: Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam Review

3. Gunakan Produk Skincare dengan Kandungan Ringan 

Selain memperhatikan produk pembersih yang digunakan, sebenarnya kamu juga perlu memberi perhatian lebih pada produk skincare yang digunakan secara keseluruhan.

Sebab kondisi jerawat yang gatal biasanya terjadi karena kulit terlalu kering. Dimana kulit yang kering sampai iritasi sering disebabkan karena penggunaan skincare dengan bahan aktif.

Maka dari itu, sebaiknya pilih sabun pembersih maupun produk perawatan kulit lainnya yang mengandung bahan aktif ringan. Salah satunya berasal dari brand Scarlett Whitening yaitu Scarlett Whitening Acne Serum.

Dengan kandungan tea tree water, salicylic acid, dan liquorice sangat baik untuk kulit sensitif dan kulit berminyak, serum ini bisa bekerja secara efektif meresap ke dalam kulit untuk membersihkan pori-pori dan mengatasi jerawat di wajah.

Baca Juga: Bio Talk Centella Calendula Intensive Bright Serum Review

4. Melindungi Wajah dari Paparan Sinar Matahari 

Kamu pasti sudah tahu bahwa paparan sinar matahari secara berlebihan memiliki efek yang tidak baik untuk kulit wajah. Salah satunya yaitu menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif.

Alhasil kulit kamu akan terasa gatal dan terus timbul jerawat. Oleh sebab itu, jangan lupa melindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari. Selalu aplikasikan sunscreen sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Review Pond's Pink Tone Up Cream Formula Baru

5. Mengurangi Pemakaian Makeup 

Ketika kamu mengalami masalah kulit berjerawat yang meradang dan terasa gatal, sebaiknya kurangi pemakaian makeup untuk sementara waktu untuk mengatasinya.

Sebab pori-pori yang tertutup oleh makeup dan ditambah dengan debu, membuat jerawat tidak kunjung hilang dan disertai rasa gatal.

Maka dari itu, mengurangi pemakaian makeup akan membuat pori pori kulit bernapas lebih baik.

Baca Juga: Review Esenses Collagen Lip Serum, 20 Ribuan Tapi Worth It!

6. Mengubah Gaya Hidup 

Cara mengatasi jerawat meradang dan gatal selanjutnya yaitu dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan bersih. Seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, banyak minum air, olahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan mendapatkan tidur yang cukup. Karena gaya hidup pun akan mempengaruhi proses regenerasi kulit kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi kulit wajah dengan jerawat yang meradang dan disertai gatal.

Apabila diterapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari hari, maka tidak butuh waktu lama untuk membuat jerawat kempes bahkan tidak muncul kembali.

Baca Juga: Review Byoote Collagen Drink 

Comments

  1. thank you tipsnya kak! membantu banget

    ReplyDelete
  2. aku masih sering banget nyentuh-nyentuh kulit muka kak hahaha. kayak pengen ngerasain tekstur kulit udah kayak apa 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu juga gini kak dian 😆, tapi karena jadi gak baik sama kulitku, aku punya trik, kalau mau pegang tekstur muka momennya pas lagi cuci muka 😆

      Delete
  3. Setuju banget, Far 😆. Skincare untuk mengatasi jerawat memang penting. Tapi menjaga gaya hidup sehat juga sama pentingnya.

    Ngomong-ngomong, ada temenku yang wajahnya selalu muncul jerawat. Sudah menggunakan skincare, tapi jerawatnya tetap muncul terus. Setelah putus asa dengan skincare, dia baru memutuskan untuk ke dokter.

    Singkat cerita, ternyata dia jerawatan bukan gara-gara salah pakai skincare, make up atau apapun itu. Yang membuat dia berjerawat adalah karena dia mengkonsumsi olahan susu nyaris setiap hari. Atau bisa dibilang, olahan susu lah yang memicu jerawat untuk dia.

    Jadi, selain mempraktikkan 6 tips dari kamu, gak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Kayak kasusnya temenku, andai gak ke dokter dia gak bakalan tau apa penyebab jerawatnya dan jerawatnya pun gak akan cepat teratasi.

    ReplyDelete
  4. Wah, emang deh paling sebel kalau wajah kayak bersih gitu eh masih ada aja jerawat membandel. Kalau aku ke dokter aja sih karena ga cocok pakai obat luaran. Yang ada malah meradang. Untuk produk Scarlett Whitening aku cocok banget yang body care-nya. Sekeluarga pakai :D

    ReplyDelete
  5. Jadi inget dulu pas zaman msh sekolah, muka sempet kena jerawat hormon, tapi untungnya gabparah2 amat. Cuma tetep mengganggu. Dan aku suka nakal malah mencetin jerawatnya 🤣. Nyesel banget sih. Kalo skr mah, udh ga sering diserang jerawat lagi, tapi sekalinya muncul kalo dpt haid, ya sudah, diemin aja 😁

    Mau siap2 KSH pelajaran ke anak2, kalo ntr udh mulai puber, dan ada jerawat, supaya ga disentuh2

    ReplyDelete

Post a Comment

Join the conversation!
Dilarang berkomentar yang memuat link atau promosi, terimakasih atas kerjasamanya.