Search

Hi, I am Farah

Hai!

Aku Farah. Aku memulai blog ini sejak tahun 2017. Aku menulis tentang beauty, resep, personal thought dan travel. Tapi beauty sepertinya lebih dominan nih hehe. Dan, aku mau berterimakasih buat kalian semua yang sudah datang ke blog aku ^^

Selamat membaca!


Inquiries:

[email protected]

Menghilangkan Bekas Luka dengan Suplemen Vitamin E, Ampuh?

Indonesia

Source

Setiap orang tentu pernah mengalami luka pada bagian tubuh seperti tangan, kaki, wajah dan bagian tubuh lain. Parahnya, jika luka tersebut terus membekas dan berada pada area tertentu yang dapat mengubah penampilan, pastinya membuat sebagian orang panik. Sebagai contoh, bekas luka akibat cacar yang terkenal membandel dan susah hilang.

Ketika hal tersebut terjadi, tidak sedikit mereka akan berusaha mencari obat yang dirasa ampuh menghilangkan bekas luka tersebut. Salah satunya dengan suplemen Vitamin E yang sudah sering kita dengan dapat menghilangkan bekas luka secara ampuh. Namun masalahnya, apakah hal tersebut sudah terbukti? Baik dari segi medis maupun review dari pengguna sebelumnya? Mari kita cari tahu bersama-sama!

Fungsi Vitamin E untuk Tubuh

Sebelumnya, kita harus tahu dulu apa sebenarnya fungsi dari Vitamin E tersebut. Vitamin E merupakan salah satu yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi dan mudah larut kedalam lemak. Itu artinya, jenis suplemen yang satu ini dapat melindungi sel kulit dari radiasi sinar ultraviolet dan juga radikal bebas.

Dilihat dari fungsi utamanya, sebenarnya Vitamin E mampu menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Dengan kata lain, berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh yang baik.

Mengobati Bekas Luka dengan Vitamin E, Apakah Bisa?

Bukannya tidak pernah diteliti akan keampuhan Vitamin E untuk menghilangkan bekas luka, melainkan sudah pernah dilakukan beberapa kali. Misalkan saja pada tahun 2011 yang dilakukan oleh Journal of Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgery. Hasilnya? Tidak memberikan perubahan atau hasil yang cukup baik ketika mengoleskan Vitamin E 2 kali sehari pada bekas luka.

Menariknya, studi lain yang dilakukan pada anak-anak yang memiliki bekas luka di tubuhnya mendapatkan hasil yang cukup baik. Bekas luka operasi yang dioleskan Vitamin E 3 kali sehari mampu mencegah pertumbuhan keloid pada jaringan kulit.

Dari kedua studi kasus diatas, berarti dapat disimpulkan bahwa penggunaan Vitamin E untuk menghilangkan bekas luka dengan cara dioles masih belum dapat dipertanggungjawabkan secara medis. Namun anda bisa mencoba untuk konsumsi jenis vitamin tersebut dalam bentuk suplemen untuk melindungi dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Suplemen Vitamin E untuk penyembuhan

Bukan berarti anda harus meninggalkan untuk mengkonsumsi suplemen Vitamin E. Justru sebaiknya anda mengkonsumsi nya dalam bentuk suplemen karena sudah terbukti dapat mencegah radikal bebas dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Selain manfaat diatas, anda juga bisa mendapatkan manfaat lain, yaitu  memproduksi oksigen dalam darah. Hal ini dikarenakan Vitamin E dapat membantu pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk memproduksi oksigen dalam tubuh.

Risiko Menggunakan Vitamin E dengan Cara Dioles

Selain masih diragukan kebenarannya karena beberapa percobaan memberikan hasil yang berbeda, ternyata ada efek samping dan risiko ketika menggunakan Vitamin E sebagai obat oleh menghilangkan bekas luka.

Beberapa kasus bisa menyebabkan alergi pada kulit yang sensitif, gatal dan ruam yang mengganggu. Jika melihat risiko yang hampir pasti dan manfaat yang belum pasti, ada baiknya jika anda meninggalkan cara yang satu ini. Alasannya, karena masih ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka tersebut.

Alternatif Menghilangkan Bekas Luka

Apa saja cara lain yang efektif untuk menghilangkan bekas luka pada kulit? Tidak banyak yang kami temukan, namun salah satunya anda bisa menggunakan madu yang sudah terbukti memiliki zat antibakteri dan anti inflamasi yang sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Penelitian ini dilakukan di University of Waikato yang melibatkan 2000 orang sebagai sukarelawan.

Sebagai penutup, jika memang anda tidak yakin akan menghilangkan bekas luka dengan Vitamin E dan juga madu, ada baiknya untuk konsultasi ke dokter spesialis. Kemungkinan, dokter akan memberikan salep penghilang bekas luka yang hanya bisa dibeli dengan resep. Hal ini merupakan cara bijak agar tidak terjadi efek samping yang bisa jadi semakin merugikan.

Comments

  1. Akupun selalunya konsumsi vit E secara oral far. Ga pernah kepikir utk dioles, kecualiiii memang ada pilihan salepnya :D.

    Kalo utk penghilang luka, aku LBH seneng pakai krim yg memang khsus untuk itu sih. Intinya, yg pasti2 aja sesuai cara pakai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tu kak fan, pake yg pasti pasti aja jgn ngandelin permitosan dan 'katanya itu bisa' :D

      Delete
  2. Kalau untuk menghilangkan bekas luka aku prefer yg dioles aja far, soalnya resep dokter kebanyakan dioles, kalau dikampung dulu aku beli di warung obat bubuk apa gitu, aku lupa, itu terkenal bgt buat obat luka.

    Kalau vit E lebih suka oral aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak sama tim vitamin e konsumsi oral :D
      ngeri ah oles oles ke luka sembarang kalo bukan 'beneran' obat luka :D

      Delete
  3. Vitamin E memang bagus untuk kesihatan kulit. Biasanya saya suka gunakan krim sapu untuk pudarkan parut.

    ReplyDelete
  4. Ih aku mau coba vitamin E cuma masih takut ada efek samping huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih pro kontra gitu kan :(
      Tapi mungkin itu kalau dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan / gak sesuai kebutuhan mungkin kak *hehe sotoy XD

      Delete

Post a Comment

Join the conversation!
Dilarang berkomentar yang memuat link atau promosi, terimakasih atas kerjasamanya.