Search

Hi, I am Farah!
Hai,
Aku Farah. Aku memulai blog ini sejak tahun 2017. Aku menulis tentang beauty, resep, personal thought dan travel. Tapi beauty sepertinya lebih dominan nih hehe. Dan, aku mau berterimakasih buat kalian semua yang sudah datang ke blog aku ^^
Selamat membaca!

Wardah Lightening Micellar Gentle Wash, Drugstore pH Balance Cleanser

 


Sampai saat aku menulis ini sebagian besar skincare yang aku pakai itu brand lokal, salah satunya cleanser satu ini. Yes, this is Wardah Lightening Micellar Gentle Wash. Cleanser satu ini adalah bagian dari edisi Wardah Lightening. Aku sendiri nggak asing lagi sama brand wardah dan edisi lightening mereka. Karena, aku udah pernah coba produk – produk lain dari edisi lightening sejak aku SMP XD sampai aku kuliah semester 1. Alasan aku berhenti bukan karena nggak bagus, soalnya bertahun – tahun aku cocok aja, cuma aku penasaran aja mau coba brand yang lain gitu. Tapi karena satu, dua, dan lain – lain hal, akhirnya aku memutuskan untuk balikan sama wardah (:. Dan sekarang setelah balikan sama wardah aku akan sharing bagaimana pengalaman penggunaan di aku ke kalian dan semoga bisa membantu sebagai bahan referensi buat yang lagi nyari facial wash terutama yang local drugstore yah. Okay, mari kita ke ulasannya say~

 

Packaging

Packagingnya tube dengan warna biru khas edisi Wardah Lightening.

 

Kiri ukuran 100 ml , kanan ukuran 50 ml

Klaim

Non Soap Formula, membersihkan wajah dengan lembut sekaligus jaga kelembaban kulit tanpa meninggalkan kesan kesat. Teknologi Micellar yang membentuk busa, angkat minyak dan kotoran pada wajah dengan bersih. Dengan formula pH balance sehingga menjaga pH alami kulit. Dan dikomninasikan dengan Advanced Niacinamide, kulit tampak lebih lembut, cerah bercahaya dan terjaga kelembabannya.

Cocok untuk kulit normal cenderung kering.

 

Cara Pakai

Basahi dengan air dan busakan di wajah. Pijat lembut dan bilas hingga bersih. Hindari daerah mata.

Kalau aku sendiri, aku membusakannya selalu di tangan. Karena aku pernah dengar kata dokter dan ini pas SMA kira – kira, katanya facial wash sebaiknya dibusakan di tangan dulu biar nggak harsh di kulit. Aku nggak tau ini valid atau nggak, atau hanya berlaku untuk soap formula. Tapi udah kebiasaan aja gitu. Terus, walaupun katanya hindari daerah mata, aku tetep bersihin daerah mata kok (:. Kalau nggak, gimana mau bersihin muka secara total dong wkwkwk. Cuma mungkin maksud si wardah biar nggak terjadi iritasi kali ya takut masuk ke mata gitu.

 

Ingredients

Aqua, Glycerin, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Sodium Laureth Sulfate, PEG-3 Distearate, Sodium Chloride, Potassium Laureth Phosphate, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Niacinamide, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Fragrance, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Triethanolamine, Citric Acid.

_

Bahan – bahan yang berfungsi sebagai surfaktan/cleanser ada pada Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Sodium Laureth Sulfate, Potassium Laureth Phosphate, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, dan Sodium Lauroyl Sarcosinate.

Anti-acne ada pada Niacinamide.

Soothing agent ada pada Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract.

Moisturizer/Humectant ada pada Glycerin, Niacinamide, dan Propylene Glycol.

Brightening agent ada pada Niacinamide dan Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract.

 

Tentang pH Balance

pH balance = pH seimbang. Jadi artinya pH balance adalah pH yang seimbang / sesuai dengan pH natural wajah manusia. Nah, pH normal kulit wajah manusia berapa sih? Aku punya beberapa referensi, dari jurnal pertama, diketahui dari literatur mereka, menyatakan pH normal permukaan kulit wajah antara pH 4 – 7, lalu dari jurnal ini juga dituliskan dari pandangan umum bahwa pH normal permukaan kulit wajah manusia antara pH 5 – 6, sedangkan yang mereka teliti pH permukaan kulit wajah rata – rata 4,7. Jurnal ini banyak dirujuk, tapi ini dipublikasikan tahun 2006. Lalu jurnal yang kedua, dipublikasikan tahun 2013, menyatakan pH kulit berkisar 4 – 6 dan mereka merekomendasikan sabun dengan pH 4,6 – 6,5. Dan jurnal yang ketiga, dipublikasikan tahun 2018 menyatakan pH kulit berkisar 4,1 – 5,8.

 

Sepenting Apa pH Cleanser?

Penjelasan penting nggak sih pH itu udah aku jelasin di cleanser ini sama cleanser ini. Intinya, mau pH berapapun cleanser kamu asal cocok lanjut aja. Karena, kulit kita mempunyai kemampuan untuk mengembalikan ke kondisi semula. Cuma, nggak bisa dipungkiri di dunia ini ada orang yang prefer sabun pH cukup rendah, entah karena kenyamanannya atau memang mereka hanya cocok dengan cleanser yang pH nya 4 – 6 karena faktor penyakit kulit kayak eczema, iritasi, dsb. Dan dari jurnal yang aku baca tadi merekomendasikan sabun wajah pH 4,1 - 6,5 terutama untuk yang memiliki masalah kulit karena cleanser dengan pH segitu kata mereka lebih less irritating. Tapi balik lagi, bukan berarti cleanser pH tinggi semuanya jelek dan pH rendah semuanya baik menurut aku. Karena kalau nggak ada masalah selama pemakaian cleanser pH basa di kita nggak masalah kok ;). Dan kembali ke kulit kita butuh yang seperti apa.

 

Berapakah pH Cleanser Ini

Dari yang aku lihat di hasil tes pH Kak Bel ternyata pH facial wash satu ini adalah kisaran 4,0 – 5,0, tidak diketahui secara pasti berapa angkanya, karena Kak Bel melakukan tes pake universal pH test paper gitu, jadi bukan yang super akurat kayak pH meter digital (tapi buat bahan referensi masih gapapa menurut aku). Dan… setelah dikaitkan hasil cek pH Kak Bel dengan referensi jurnal, this pH cleanser is balance with our facial skin's pH.

 

Performa Non Soap Formula?

Jawabannya, busanya tetep ada, tapi nggak sebanyak foamy cleanser. Dan kekurangan dari jenis cleanser kayak gini adalah kemampuan mengangkat minyaknya nggak sebaik foamy cleanser, tapi kan memang ini formulanya untuk normal-dry skin sih jadi wajar. Terus, kalau aku abis ngebersihin makeup pake oil, nah nggak jarang aku cuci muka harus dua kali biar bener – bener bersih.

 

Kesat Dan Menjaga Kelembabannya?

Cleanser ini so far performa kesat-lembab nya paling pas di kulit aku. Jadi dia ini memang sesuai klaim nggak bikin kesat, tapi nggak yang licin kayak cleanser for dry skin lainnya yang pernah aku coba :””). Dan ini memang yang aku suka. Nggak bikin kering tapi nggak licin juga. Soalnya yang terlalu kesat rasanya kurang nyaman di aku, tapi yang terlalu licin juga bikin wajah aku terasa nggak bersih gitu loh guys ngerti kan maksudnya.

 

Kulit Lembut Cerah Bercahaya?

Kurang bisa melihat.

 


Cleanser Ini Bikin Breakout Nggak Di Aku, Cocok Nggak Di Aku?

Kesel banget sama cleanser satu ini. Soalnya aku cocok sama cleanser nyaaa :”). So happy :”)! Cocok sama produk drugstore bisa seseneng itu wkwkwk. Soalnya ngedapetinnya mudah dan murahhh. FYI, produk ini udah aku repurchase 3 atau 4 kali. Dan pas aku breakout sama suatu clenser beberapa waktu lalu, akhirnya aku balik sama ini lagi. Memang nggak langsung sembuh. Masih ada jerawat di hari – hari awal pemakaian, dan malah ada yang timbul lagi satu. Tapi setelah seminggu lebih gitu, udah normal lagi kulit akuuu :D.

Mungkin ada yang bertanya – tanya, kok bisa bahas klaimnya dulu atau performanya dulu baru abis itu bilang cocok / gacocok. Karena aku, kalau mengulas (caelah), sebisa mungkin harus jelas. Soalnya, selama banyak mencoba produk, nggak bisa dipungkiri ada produk yang sebagian klaimnya bekerja dengan baik di aku, tapi ternyata pas hari ke berapa pake bikin jerawatan di aku. Jadi, kalau aku bilang suatu produk itu nggak bagus karena nggak cocok, kayaknya kurang bisa menurut aku. Ibaratnya ada orang nggak bisa makan daging karena darah tinggi, tapi dia udah pernah makan sebelumnya dan rasanya di lidah dia memang enak, tapi sayangnya dia gabisa lagi makan daging karena penyakit itu tadi. Terus, pas ditanya orang yang belum pernah makan daging, ‘daging itu enak ngga’ tapi karena dia darah tinggi nggak bisa makan daging dijawablah ‘nggak enak’, nah jadi kayak gimana gitu kan jawabannya, kayak nggak fair, ngerti kan? Begitulah kira – kira~

 

Kesimpulan

Aku suka! Dan aku hepi karena cocok! Terus performanya pas di aku, nggak keset tapi nggak licin banget. Kekurangannya memang kemampuan mengangkat minyak nggak sebaik foamy cleanser atau cleanser untuk oily skin. Tapi nggak salah kok, karena ini kan memang untuk normal – dry skin. Dan aku udah re-purchase produk ini entah 3 atau 4 kali wkwkwk.

 

Harga

Berdasarkan e-commerce Shopee, untuk ukuran 50 mL bisa di beli seharga Rp. 17.500 dan kalau lagi diskon bisa cuma Rp. 14.000 dan untuk ukuran 100 mL bisa di beli seharga Rp. 27.000 tapi kalau lagi diskon bisa cuma Rp. 21.000 aja. Tapi aku ada saran, kalau mau beli baik itu online atau offline harus jeli, soalnya edisi lightening ini banyak produk yang packagingnya mirip – mirip, tapi fungsinya beda – beda, kayak Cleansing Milk, Gentle Exfoliator, dan Whip Facial Foam. Pengalaman aku soalnya, pas beli offline nanya ke mba SPG nya facial wash ini, dia gak ngerti, terus aku minta apa malah dikasih apa, untung langsung aku bilang. Memang mungkin dia capek atau apa. Tapi kita juga harus tau apa yang mau dibeli dong.

Buat yang mau beli di Shopee bisa klik link di bawah ya:

Ukuran 50 mL | Ukuran 100 mL

 

Sekian dulu ulasannya, semoga membantu ya <3

 

 

 

Comments

  1. Kayaknya enak nih kalo nggak bikin kesat di wajah. Jadi penasaran juga pengen ngecek pHnya, soalnya aku punya pH paper di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh asik nih! penasaran juga hasil test kak icha :D

      Delete
  2. Emang kalau nemu produk drugstore yang cocok itu seneng buanget, Far. Gak harus beli online, beli di minimarket terdekat pun ada 😆. Jadi kalau habis sewaktu-waktu gak bingung repurchase nya.😍

    Tapi iya, produk face care nya Wardah yang lightening packagingnya memang mirip-mirip. Aku juga suka susah bedainnya satu per satu. Harus dibaca dulu dengan teliti supaya gak salah beli.🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak! :D
      betapa senengnya bisa menghemat dengan menggunakan barang - barang drugstore XD.
      tapi doaku semoga aku nggak lama - lama pake barang - barang drugstorenya kak, soalnya pengen juga ngerasain jadi orkay yang skincarenya sultan hahahah XD aamiin

      iya kak, aku kemarin belanja, mba SPG nya aja salah ambil dong, malah dikasih exfoliator XD. gak kebayang kalau aku buta skincare, atau kalau aku ini jadi orang tua yang gak jeli lagi, entah gimana ceritanya mukaku pake exfoliator 2 kali sehari kak XD

      Delete
    2. Aamiin. Aku bantu doakan supaya cepet-cepet jadi kaum sultan ya, Faaaaar.😆

      Delete
  3. Racun nih, sebenarnya hampir semua produk drugstore insha Allah saya cucok, karena kulit saya agak tahan banting, itu juga yang bikin saya suka gonta ganti pembersih muka.

    Kalau untuk Wardah varian ini, saya penasaran dengan embel-embel micellarnya dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tahan badai ya kak, cus kak cobain juga :P

      tapi ngomong ngomong kak walaupun ada embel micellar nya, kemampuan mengangkat minyak nya nggak sekuat soap cleanser / cleanser buat oily skin kak. tetep aja dia kemampuannya di range 'dry skin cleanser' kak. dan aku kalau bersihin makeup tetep double bahkan triple cleansing walaupun di facial wash wardah ada kata micellar nya

      Delete
  4. Menarik banget neh, aku beberapakali coba facial wash wardah memang cocok sih. Kebetulan yang ini blom coba jadi penasaran heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah sama dong kita :D aku juga kebanyakan cocok :D

      Delete
  5. Seneng banget sih pas nemu produk skin care yg pas di muka. Harus melalui perjalanan dulu soalnya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer :") makanya kalau udah cocok itu susah lepas walaupun ngiler liat produk lain. dan butuh berapa kali re-purchase sampe bosen dulu baru ganti XD

      Delete
  6. Samaan nih, aku juga pakai produk yang satu ini, dan memang cocok sama aku.

    ReplyDelete
  7. Enaaak ya kalo kulit bisa cocok Ama produk drugstore, Krn hrgnya memang sangat terjangkau sih. Sayangnya aku ga bisa :(.

    Tp asistenku pake produk ini far. Dan cocok2 aja di dia. Memang yg namany skincare mah, cocok2an. Beda di semua orang :D.

    Aku sendiri pembersih wajahnya pH 5.5. LBH cocok yg segitu. Kulitku super sensi soalnya. Jd kalo udh cocok 1 produk, ya udah, itu aja dipake. Drpd Gonta ganti malah masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I know how it feels kak fan, karena aku juga nggak semua merek drugstore cocok di aku, padahal sayang banget ada yang formula suatu produk drugstore aku suka dan harga nya murah eh tapi bikin jerawatan, padahal produknya itu disukai banyak orang, bisa bisanya pula di aku nggak cocok, huf

      iya kak di jurnal juga pH dibawah 7 lebih direkomendasikan karena less irritating dan nggak sekering cleanser pH basa. I am happy for you atas skincare yang cocoknya kak :D , karena aku tau sedihnya gak cocok seperti apa

      Delete
  8. Dah pernah coba sih tapi kayanya kurang cocok untuk orang2 yg punya kulit dry skin yak... kulit aku kan dry tuh dan pas dipake efeknya mukaku kering banget gitu kurang hydrating.. Akhirnya nyerah lagi deh pake wardah.. wkwk..
    🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget ya,
      memang aku akui dari semua dry skin cleanser yang pernah aku coba, produk ini nggak selicin mereka mereka semua. makanya jadi nggak melembabkan ya.
      cuma aku suka XD, karena yang licin kurang mengangkat minyak di aku, tapi yang keset bikin kering wajah. maunya aku in the middle, eh nemu deh yang satu ini alhamdulillah wkwkwk

      Delete
  9. Mbak Farah.. request review Scatlet Acne & Brightening Serum.. Penasaran beneran se-worth it yg orang2 bilang atau nggak.. hehe, makasih sebelumnya😊💜

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari dulu pengen banget coba, tapi urung diri,
      doain aja ya semoga next time dikasih kesempatan buat nyobain serumnya :)

      Delete
  10. so far baru nyobain white secret series itupun tanpa facial wash, but this one is so tempting anyway :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum coba facial wash yang white secret, mau beli cuma kadung cocok sama yang ini jadi mundur lagi XD

      Delete
  11. Ternyata bagusnya di busakan dulu di tangan dari pada langsung pakai di wajah ya mbak kalo pakai skincare ini?

    Wah analogi nya pakai makan daging. Bagi yang darah tinggi memang bilang daging ngga enak, tapi bagi yang tidak punya darah tinggi enak rasanya. Begitu juga skincare kalo cocok ya bilangnya bagus, kalo ngga cocok ngga bagus, padahal ini masalah kecocokan masing-masing ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokter bilang gitu dulu,

      betul sekaliiiiii !!!!!!!! makanya kriteria bagus itu agak bikin bingung menurut aku untuk skincare, lebih baik dijelaskan klaimnya sesuai atau nggak, pengalaman pas dipakenya gimana, baru cocok atau nggak hehe.

      Delete
  12. #TimLocalProduct 🥳
    Akupun kalau ada produk lokal yang lebih cocok, tentu akan lebih memilih produk lokal hihihi.
    Senang sekali kalau nemu produk lokal di drugstore yang cocok dengan kondisi kulit. Sebab jadi mudah didapat dan harganya tentu lebih terjangkau 😝
    Produk Wardah semakin ke sini semakin kece-kece ya packagingnya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa liaaaaa <3

      iya nih akhir akhir ini wardah lagi gencar ngeimprove packagingnya, ada si varian rose packagingnya cakep banget dong

      Delete
  13. Jadi tergantung cocok atau ngganya bukan tergantung merek atau produk lokal atau non lokalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama performanya baik, gak perduli mau lokal atau drugstore, lanjut aja

      Delete
  14. Wah menarik nih, kalo dilihat dari ingredientsnya kayaknya bakal cocok di aku. Soalnya aku gabisa kena SLS huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya! setau aku ada juga orang yang aku kenal dia ga cocok SLS juga kalau gasalah

      Delete
  15. Seseneng itu emang ya farah kalau nemu produk di drugstore yang cocok, harganya ramah pula dikantong, dan yg paling menyenangkan lagi sebangga itu pake produk lokal. Akupun lebih sering pake produk lokal kok, cuma untuk facial wash aku lg pake yg agak mahalan hiks, soalnya cuma itu yang cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya kak :D
      jadi penasaran sama facial washnya kak meta nih

      Delete
  16. Bagus juga Wardah Lightening ini yaa mbak Farah buat cowok bisa nggak...Biar ganteng kaya cowok Korea..😁😁

    ReplyDelete
  17. Wardan is a new brand darling
    xx

    ReplyDelete

Post a comment