Search

Hi, I am Farah!
Hai,
Aku Farah. Aku memulai blog ini sejak tahun 2017. Aku menulis tentang beauty, resep, personal thought dan travel. Tapi beauty sepertinya lebih dominan nih hehe. Dan, aku mau berterimakasih buat kalian semua yang sudah datang ke blog aku ^^
Selamat membaca!

POND'S Tone Up Cream Formula Baru

 


Setelah mengulas facial washnya, waktu itu aku ‘berusaha’ untuk memberanikan diri buat nyobain varian tone up cream nya. Perasaanku pas mau nyobain ini tu antara excited dan was – was. Karena aku belum pernah coba tone up cream sama sekali, iya merek apapun aku belum pernah coba, cuma memang aku pernah cobain sunscreen, bedak dan primer yang ada efek tone up, tapi kalau yang real ‘tone up cream’ belum pernah coba makanya kayak seneng aja pas mau cobain ini, tapi di samping rasa exicted itu, sejujurnya aku juga ada rasa takut nggak cocok. Sampai akhirnya waktu itu aku bilang ‘udah lah kalau breakout ikhlas aja’, dan sekarang aku udah coba produk ini kira – kira sebulan, dan aku sudah merasa cukup panjang journey nya dengan produk ini, jadi mari kita bahas di bawah bagaimana performa produk nya di aku~ (btw punyaku ukuran 20 gr ya dan dimohon kepada temen – temen untuk membaca pelan – pelan sampai habis ya)

 

Klaim

Di bagian paling atas box tertempel keterangan Formula yang diperbaharui, mudah menyerap, cocok untuk semua warna kulit. Lalu kalau di main box bagian depannya tertulis, Wajah cerah seketika + Warna kulit merata & Terasa Halus dilengkapi dengan UVA/UVB Filter. (tidak disebutkan berapa tinggi UVA/UVB filternya)

Lalu di belakang box nya tertulis Mampu membuat wajah cerah seketika untuk semua warna kulit. Katakana halo pada wajah cerah alami tanpa whitecast



Packaging

Secara personal, aku suka – suka aja sama packaging bagian penampilannya, perpaduan warna pale pink, light pinkish coral, dan pinkish brown (kalau di box warnanya rose-brown gold) nya cantik. Perpaduan warna, font dan tata letaknya juga nggak terkesan norak dan murahan. Tapi, yang jadi catatan buat aku sama packaging produk ini adalah di bagian mulut tube nya, karena mulutnya itu cukup besar, sedangkan tekstur produk nya ini cukup runny sehingga rentan bikin isi produknya keluar kebanyakan, apalagi pas isinya masih banyak terus posisi mulut tubenya di bawah dan neken produknya agak kuat, udah deh, siap – siap aja. Tapi hal ini masih bisa aku akali sih, kalau mau ngeluarin isi produknya aku usahain posisi mulutnya nggak di bawah atau posisi tube nya dibuat hampir horizontal, dan nggak terlalu neken produknya.

 


Tekstur dan Aroma

Seperti yang sudah aku bilang di atas, teksturnya creamy yang ringan dan cukup runny, warnanya pale pink, aromanya mirip sama kosmetik yang ada kandungan ‘milk’, dan aromanya ini mirip dengan varian facial washnya.

 

Cara Pakai

Berdasarkan anjuran pakainya tertulis: Aplikasikan dengan seujung jari pada wajah yang bersih. Oleskan krim hingga merata sempurna pada wajah dan leher yang telah dibersihkan. Ulangi penggunaan untuk tingkat cerah yang diinginkan. Gunakan produk secara teratur. Untuk hasil maksimal, gunakan dengan Pond’s Instabright Tone Up Facial Foam, Pond’s Instabright Milk Essence dan Pond’s Instabright Mask.

*aku: jangan lupa pastikan jariku sudah bersih.

 

Ingredients

Water, Niacinamide, Titanium Dioxide, Dimethicone, Stearic Acid, Isohexadecane, Cyclopentasiloxane, Glycerine, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Cetyl Alcohol, Phenoxyethanol, Potassium Cetyl Phosphate, Fragrance, Polysorbate 80, Aluminum Hydroxide, Sodium Ascorbyl Phosphate, Sorbitan Oleate, Disodium EDTA, Pyridoxine Hcl, PEG-4 Laurate, PEG-4 Dilaurate, Hydrolyzed Milk Protein, Cystine, Glycine, Hydroxystearic Acid, Potassium Hydroxide, Sodium PCA, PEG-4, Iodopropynyl Butylcarbamate, BHT, Isopropyl Titanium Triisostearate, Triethoxysilylethyl Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Palmitic Acid, Arachidic Acid, Cl 77491.

Jadi, sesuai klaimnya kan ini ada UVA/UVB Filter, memang di ingredientsnya tertera bahan yang berfungsi sebagai sunscreen yaitu Titanium Dioxide (Physical Sunscreen) dan Ethylhexyl Methoxycinnamate (Chemical Sunscreen), namun aku nggak tau ini SPF/PA berapa karena di produknya tidak tertera besar SPF/PA nya. Terus bisa diperhatikan dari bahan yang menjadi Physical Sunscreen kalau kemungkin produk ini akan ada whitecast.

Untuk brightening sekaligus acne-fighting nya ada pada Niacinamide dan Sodium Ascorbyl Phosphate (Salah satu bentuk vitamin C).

Lalu bahan – bahan yang berfungsi untuk moisturizing antara lain Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Aluminum Hydroxide, Sodium PCA dan PEG-4.

Produk ini mengandung fragrance.

 

Bedanya Sama Versi Sebelumnya

Yang pertama itu ada perubahan di packagingnya. Aku tau karena di box tertempel keterangan gambar packaging lama seperti apa dan formula yang diperbaharui itu gimana. Untuk formula lama, karena aku baru ini pertama kali cobain tone up cream POND’S, jadi gatau hasil versi lama di wajah aku. Cuma, rangkumanku dari ‘kata orang – orang’ untuk versi lama adalah kalau versi lama itu whitecast yang bikin abu di sawo matang – tan skin, sulit dibaurkan, absorb minyak jadi somehow bikin kering untuk sebagian orang. Sedangkan untuk formula baru yang aku lihat di boxnya tertulis bahwa produk ini tidak whitecast dan lebih mudah menyerap.

 

Hasil Pemakaian di Wajahku

Before

After

Setelah beberapa jam

Apakah Cerah Alami atau Malah Whitecast?

Di aku sendiri hasilnya memang bikin cerah, tapi sebenarnya di awal pake kerasa kesan whitecastnya karena memang dari ingredients nya tertera Titanium Dioxide (Physical sunscreen). Cuma memang semakin di blend dan lama – kelamaan produk ini di kulit aku berasa makin nyerepnya, jadi efek whitecast nya di aku berkurang dan efek tone up yang dihasilkan lebih natural dibanding pada saat awal pemakaian. Cuma nih ya, aku harus pastiin kalau aku pakenya itu harus merata ke seluruh wajah terutama bagian sekitar mata dan pinggir bibir. Kalau nggak, hasilnya bisa jadi belang dan malah jadi makin nggak natural. Untuk di pinggir bibir cukup dengan meratakan produk sampe ke titik sana. Tapi, kalau di sekitar mata yang warna kulitnya lebih gelap, produknya aku pake berulang, jadi setelah pake ke keseluruhan wajah aku tunggu kering dulu, terus aku pakein lagi produknya khusus di sekitar mata.

 

Tentang Membuat Kulit Halus dan Dewy Effectnya

Untuk kulit halus aku kurang bisa merasakan. Lanjut ke dewy effectnya, bisa di lihat di foto kulitku jadi lebih dewy tapi dewy nya ini nggak langsung becek, dari yang natural dulu baru deh seiring waktu dia finishnya makin dewy. Terus, (karena ini finishnya dewy itu) jadi memang setelah beberapa jam kemudian bikin oily. Aku bilang beberapa jam itu karena memang nggak pasti, di aku nggak ada patokan dalam berapa jam baru bisa bikin oily. Ada saat – saat aku pake seharian dulu baru bisa oily, atau 3 jam pemakaian dulu baru bisa oily, atau malah 1 ½ jam udah bikin oily. Itu tergantung kegiatan sama cuaca (di aku), yang jelas kalau aku keringatan memang bikin oily, dan kalau aku bawa tidur siang juga bikin oily. Cuma aku sendiri nggak masalah sih, soalnya aku nyaman – nyaman aja.

 

Ketahanan Dengan Air

Sebenarnya dari produknya sendiri nggak ada bilang ini waterproof, cuma aku iseng ngecek, hasilnya setelah dibasuh dengan air memang kemampuan tone up nya berkurang (mungkin bisa dibilang luntur ya).

 

Kesimpulan

Aku suka – suka aja sama produknya. Sangat membantu kalau lagi mager makeup tapi gamau keliatan burik. Terus, aku juga orangnya lama banget kalau dandan terutama di bagian ngeblend concealer/foundation/cushion dsb, tapi kalau pake tone up cream aku bisa lebih menghemat waktu. Kelebihannya juga produk ini bisa aku bawa tidur wkwkwk, jadi gak repot – repot harus bersihin makeup dulu (cuma memang bikin oily banget setelah bangun tidur). Keseluruhan aku suka dan nggak ada masalah, kecuali yang jadi catatan buat aku itu si mulut tube nya yang cukup besar jadi isi produknya rentan keluar kebanyakan dan aku harus pastikan kalau aku pake produknya rata ke seluruh permukaan wajah terutama di bibir, dan khusus di sekitar mata yang lebih gelap penggunaan produknya berulang biar warna kulit wajah nggak belang.

 

Harga

Berdasarkan e-commerce Sociolla harganya Rp. 25.900 untuk size 20 gr dan Rp. 45.600 untuk size 40 gr. Tapi kalau lagi diskon untuk yang 40 gr bisa cuma 20ribuan. Produk ini juga pernah aku jumpai di Ind*ma*et, tapi kalau mau beli di e-commerce bisa dibeli di:

Sociolla | Shopee 40 gr | Shopee 20 gr

 

Terimakasih sudah membaca review produk ini di kulit aku, semoga membantu <3


___________________________________

Comments

  1. Aaaaaah, jadi inget pelembab Pond's ku pas masih SMA dulu nih, Far. Ngomong-ngomong itu juga pelembab pertamaku, dan aku cukup setia pakai pelembab Pond's itu. Tiga tahun gak ganti-ganti lho. Hehehe🤭

    Yang bikin aku setia pakai pelembab Pond's yang dulu itu karena dia kasih efek tone up yang natural juga. Di aku gak abu-abu, dan mukaku jadi kelihatan lebih seger. Jadi pas banget, mengingat aku paling malas pakai bedak waktu itu. Pakai pelembab doang udah cukup.😍

    Lha dalah ternyata sekarang Pond's punya tone up cream tersendiri 😍. Kalau di kamu sih kelihatan natural, Far. Padahal aku sempat takut kalau tone up cream bakal bikin abu-abu, lho. Soalnya pelembab yang dulu aja udah ngasih efek tone up, apalagi yang tone up cream beneran. Ternyata yang aku takutkan gak terbukti.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah setia banget kak roem pake pelembab pond's nya :D
      tapi memang aku juga pas masa sma atau remaja lebih suka yang ringkes tapi bikin wajah jadi seger. kalau aku sukanya sejenis pelembab atau sunscreen aja gitu kak, aku kurang suka bedak tabur kak, efek matte nya bikin kesan kurang berseri aja gitu kak hehehe :D. seandainya dulu tau ada tone up cream apalagi merek drugstore pasti aku coba huhu.

      jujur kak aku juga takut pake tone up cream karena si 'abu', soalnya dari dulu tiap liat review tone up bikin gak sreg, mau itu merek lokal atau korea semuanya putihnya aneh, gak terkesan natural sama sekali, padahal orang yang ngereview udah putih dan lebih putih dari aku, gimana nanti kalau aku yang pake, kayak topeng mungkin kak hahaha

      Delete
    2. Tos dulu, Far ✋. Aku pun sama, takut pakai tone up cream juga gara-gara baca review. Banyak yang bilang kalau bikin abu-abu soalnya. Mana kulitku sawo matang pula, jadi kalau abu-abu lebih kelihatan.😂

      Delete
  2. Dulu banget pernah pake versi lamanya cuma kurang suka soalnya bikin wajahku over oily pake banget makanya belum berani nyobain versi yang ini.

    Yang bikin aku suka palingan sama harganya yang terjangkau aja hehehe...

    Btw thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata versi lama di kakak bikin oily, hmm, banyak juga ya versi hasilnya walaupun klaim versi lama bilang absorb minyak tapi hasil di konsumen bisa bervarian.
      bener kak poin plus dari produk ini murah, juga mudah dicari karena drugstore.

      Delete
  3. Farah, tone-upnya di kulit kamu cocok sekali 😍 terlihat cerah alami gitu lho~
    Waktu pertama tone-up cream ini keluar, aku sempat coba dan kesannya malah membuat kulitku jadi abu-abu gitu. mungkin nggak cocok sama tone kulitku 😭
    Untuk versi yang baru ini, aku belum pernah coba. Malah tiap kali lihat iklannya, aku pikir formulanya sama aja jadi nggak ada ketertarikan untuk coba 😂
    Setelah tahu ini berbeda, jadi kepo juga gimana hasilnya kalau di kulitku ya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya dia masih whitecast di awal lia, cuma lama - kelamaan emang nyerep gitu hehe
      iya bener yang versi lama banyak yang bilang kalau hasilnya abu abu :(
      aku tau, namanya udah kecewa mau bilang 'aku udah berubah' juga rasanya gak mempan ya :P *caelah
      yuk cobain yang baru, nanti review juga ya :P

      Delete
    2. Far, kok kayak pengalaman pribadi itu 😝
      Semoga nanti bisa cobain ya 🙈

      Delete
  4. Bagus banget di wajah kamu🥰, aku blm pernah pake skincare dr ponds, tapi setelah melihat ini kok tergoda yaaa 🙈

    ReplyDelete
  5. tiap merk kosmetik memang punya daya tarik kata katanya sendiri, tapi menurut temenku yg namanya kosmetik kadangkala ada yg ga cocok malah jadi ga bagus, jadi berhati hati lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gitu mas, jangankan sama kosmetik, sama orang pun kita nggak semuanya cocok kan hihi

      Delete
  6. same here, mempercepat daily make up saat mager tapi tetap terlihat fresh. Infonya lengkap banget, baru tau kalau ini formula terbaru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget hahaha. nggak bisa dipungkiri bare face tidac semulus ituh wkwkwk.
      iya nih masih anget lo produknya, munculnya di bulan bulan pertengahan tahun terakhir

      Delete
  7. Bahahahaa, saya sedih, punya ponds jenis ini, belom juga dicpba sama siadik di pencet, langsung terbuang lumayan banyak dong.
    Iyaaa, mulut kemasannya lebar amaattt hahaha, kalau nggak hati-hati mencetnya ya wassalam dah hahaha.

    Tapi buat saya meski kayaknya ini buat remaja ya, saya suka aja makenya, beneran bantu kalau buru-buru mau keluar, saya cukup pake ponds ini, plus pakai mascara dan sisir alis pakai mascara, and done! hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun sayang banget kaa XD semoga aja nanti ke depannya POND'S bikin tone up cream yang mulutnya nggak lebar lebar kayak tukang gosip :P

      iya kak aku sekarang juga pake ini terus, soalnya akhir akhir ini lagi mager dandan tapi gamau keliatan yang kusem banget mukanya. dan disayangkan kok baru sekarang aku pake tone up cream padahal lumayan worth it untuk kegiatan sehari hari

      Delete
  8. Mungkin utk yg kulitnya cerah, ini cocok. Tp di kulitku yg gelap, rasanya ga :D. Drpd jd abu2 :D.

    Cm aku blm prnh pake tone up cream sih far. Jujur ga berani, Krn sensitifnya kulit ini. Pake foundie ato BB cream aja bisa breakout. Makanya ttp LBH suka skincare biasa, trus di tutup Ama sunscreen dan bedak tabur. Itu doang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakak, aku juga awalnya takut banget bakal breakout dan abu sama ini. soalnya se-skeptis itu aku. untungnya cocok alhamdulillah

      Delete

Post a comment