Search

Hi, I am Farah!
Hai,
Aku Farah. Aku memulai blog ini sejak tahun 2017. Aku menulis tentang beauty, resep, personal thought dan travel. Tapi beauty sepertinya lebih dominan nih hehe. Dan, aku mau berterimakasih buat kalian semua yang sudah datang ke blog aku ^^
Selamat membaca!

Lippie Serum by Raecca Review, Beneran Mencerahkan Bibir?

 



Produk viral akibat TikTok karena katanya bisa mencerahkan bibir. Itu kalimat pertama yang menggambarkan tentang produk ini.

Bahkan aku beli pun harus sampe pre-order kurang lebih 1 bulan. Saking penasarannya itu tadi rela PO wkwkwk.

Aku gak heran kenapa produk ini sampe sold out dan harus pre-order segala, karena di ‘racun’ tiktok ada yang bilang (ini aku tonton sendiri video nya), “Kalian liat kan bibir aku ini gelap, tapi setelah pake produk ini 7 hari bibirku cerah, liat nih ini aku nggak pake apa apa aja udah merah alami. bla bla bla”, begitulah kira – kira, sambil nunjukin bibirnya. Aku lihat warna bibirnya yang awalnya gelap jadi kayak merah alami di video, tapi gatau sih itu beneran pink atau efek di golden hour atau efek tik tok. Yang jelas yang aku lihat warnanya merah alami, beneran kayak berubah pigmen bibirnya, dupe nya sulam bibir kali ya wkwk.



Nah, penasaran lah tu kan aku, jadinya PO dulu sebulan dan sampai tanggal 3 Oktober yang lalu. Setelah hampir satu bulan waktunya aku menerbitkan pengalaman aku sama produk ini. Kira – kira, beneran nggak ya yang dibilang si seleb? Ada reaksi negatif nggak? Cuss, baca pelan – pelan sampai habis dan mari kita langsung terjun ke review nya ya sist..

 

Klaim

Ini adalah klaim yang berasal dari boxnya, tertulis

“Lip Serum yang diperkaya dengan Tocopheryl Acetate dan Jojoba Oil yang dapat membantu merawat dan melembabkan serta dapat memberikan warna natural pada bibir.”

 

Packaging

Packagingnya terbuat dari akrilik. Terus di bagian belakang ada nomor BPOM, BATCH, sama EXP Date. Untuk ingredientsnya tersedia di box. Untuk aplikatornya agak tipis dan makin keujung makin runcing, tapi derajatnya kecil banget jadi kelihatan hampir datar.


Tekstur dan Aroma


Teksturnya mirip lipgloss, jadi cair yang agak gel. Terus buat aku sendiri ya wanginya mirip minyak urut atau minyak aromatherapy kayak freshcare gitu gitu, tapi nggak sepedes dan nggak semenyengat minyak – minyakan itu.

 

Ingredients

Caprylic/Capric Triglyceride, C26-28 Alkyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Phenoxyethanol, Cocos Nucifera Oil, Flavor, Cl 45410.

Dari ingredientsnya, ada pelembab terlihat dari ingredients Caprylic/Capric Triglyceride, Tocopheryl Acetate atau Vitamin E, Coconut Oil, dan Jojoba Oil. Untuk pewarnanya ada pada CL 45410. Terus untuk pengawetnya ada pada Phenoxyethanol.

 

Swatches

Ketika baru dipakai akan memberikan kesan glossy

Lalu ini setelah gloss-nya hilang, menyisakan stain


Di aku sendiri, warnanya pink-mauve-fanta gitu. Tapi sayangnya, pigmentasi produk ini kurang merata. Kayak ada bagian bibir yang pink banget, terus ada juga bagian yang kayak nggak kewarna gitu padahal sama – sama kena oles kok. Jadi kalau pake ini aku harus meng-apply berkali – kali, supaya warnanya lebih merata.

 

Tentang Transferproof dan Ketahanannya

Jawaban dari pengalaman aku ada dua. Pertama, kalau masih ada gloss nya, dia ini transfer. Transfernya warna sheer pink gitu, tapi di bibir masih ada stainnya kayak abis pake liptint. Kedua, kalau tinggal stainnya, memang kalau cuma di dab dab nggak transfer (lain cerita kalau digosok). Terus kalau minum air putih atau makan yang nggak terlalu berkuah atau minyakan penampakan stain di bibir masih oke. Cuma, aku pernah pake ini terus makan nasi padang, alhasil stain bagian dalam bibir itu hilang, tapi bagian luar / pinggir bibirnya masih ada. Kejadiannya sama juga waktu aku makan mi ayam atau makanan lain sejenisnya.

 

Apakah Produk ini Membuat Bibir Kering?

Banyak juga dari komentar orang kalau produk ini bikin bibir kering. Kalau jawaban dari pengalaman aku soal ini, ada dua wkwk. Jika gloss nya masih ada itu nggak bikin kering. Tapi, kalau gloss nya hilang atau tinggal stain aja, memang di aku sendiri ada rasa lumayan kering. Keringnya itu kalau buat aku ya, kayak aku lagi puasa, terus bibirnya kering karena dehidrasi. Memang belum sampe tahap kering yang mengelupas, cuma rasanya nggak nyaman aja. Begitulah gambaran keringnya di aku. Nah, kalau udah kerasa kering gitu, untuk ngakalinnya aku dab – dab pake lip balm, tapii itu nggak berarti bikin kelembaban bibirnya jadi kembali normal, kesan lembabnya tetap beda, apalagi kalau pake lip balm yang ‘berat’ itu jadi agak nggak nyaman. Dan kalau dipakein lip balm, efek sampingnya jadi bikin lip stain nya mudah transfer.

 

Apakah Benar Bisa Mencerahkan?

Di aku nggak. Yang aku lihat di aku itu bukan mencerahkan, melainkan stain. Dan selama pemakaian ya gini – gini aja pigmen bibir aku nggak ada berubah jadi kayak sulam bibir. Cuma stain nya ini memang agak bandel ya di aku terutama bagian luar dan pinggir bibir, kalau bagian dalam masih lebih mudah. Jadi untuk menghilangkannya lumayan butuh effort, dan buat ngilanginnya aku biasanya scrubbing bibir pake sikat gigi, dan tau nggak pas aku scrubbing pake sikat gigi, stainnya pada ambyar dong di bulu sikat gigi ku, terkesima rasanya wkwkwk, (kebetulan bulunya warna putih, oh ya buat yang takut iritasi jangan pake sikat gigi ya buat scrubbing, ini aku ngikut beauty vlogger luar wkwk), tapi itu juga scrubbingnya harus dipastiin ke semua bibir kena, soalnya pengalamanku kalau nggak bener – bener keseluruhan scrubbing nya, bagian pinggir bibir masih tersisa stain dari si produknya.

Dan aku pribadi make ini hanya untuk makeup aja, nggak ada harapan lebih.

Terus juga, pas aku nonton video kak Tasya tentang lippie serum ini, katanya memang produk ini tidak mencerahkan, cuma kemungkinan bisa buat orang yang memang pigmen bibir aslinya cerah tapi karena faktor – faktor tertentu (merokok,dsb) akhirnya bibirnya jadi gelap, nah kalau kayak gitu kemungkinan bisa produk ini sedikit membantu, tapi kalau merubah pigmen aslinya yang memang gelap jadi pigmen cerah itu nggak bisa sama produk ini.

 

Terus Kenapa Dinamain Serum Ya Kalau Ternyata Cuma Stain

Kalau aku, mandanginnya kayak konsep serum foundation, atau tone up cream, jadi sesuatu yang berfungsi sebagai makeup tapi di-infused dengan skincare.

Dan sekarang memang makin banyak brand yang ngeluarin konsep produk kayak gitu, tapi sebenarnya ini bukan hal yang baru dalam dunia kosmetik.

Jadi, nama ‘serum’ nggak masalah sih buat aku. Cuma saran buat Raecca bisa ditambahi informasi kayak produk ini adalah hybrid skincare dan makeup atau sejenisnya. Jadi lebih jelas aja ini sebenarnya apa.

 

Kesimpulan

Sebenarnya, aku kurang suka kalau pake ini sebagai single product di bibirku, karena warnanya yang cenderung mauve, finishnya (ketika glossnya hilang) kayak lip tint yang nggak bisa menutupi warna gelap bibirku (still not a liptint person), pigmentasinya nggak rata dan kalau glossnya ilang bikin kering terus ribet aja kalau mau apply lip balm lagi. Cuma, udah dibeli, aku mikir keras gimana ya supaya terpake ini produk, akhirnya sekarang aku pakein buat topper lip cream matte nude atau diajdiin pasangan ombre sama lip nude yang aku punya. Dan begini hasilnya! 


Dijadiin bagian dalam ombre, kalau pake tipis lumayan necurel, cuma lama - lama warna nya makin terang

Ini look ombre, dan dibawah adalah look pas aku jadiin sebagai topper



Endingnya, untuk jadi pasangan ombre nggak buruk juga, juga buat jadiin topper lip matte warna nude juga masih oke. Jadi, masih bisa kepake lah hehe.

Oke. Sekian dulu untuk review kali ini, semoga membantu! <3



Comments

  1. makasih reviewnya, itu warna soft banget cantik

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau banget brand ini, ini bukan produk lokal ya?
    Setauku selama ini yg bisa mencerahkan bibir itu lip scrub deh, soalnya dia kan exfoliasi, tp kalau ada lip serum uh bisa mencerahkan bibir sih keren banget. Aku belum pernah pake lip serum btw, cuma pake lip oil aja kalau bibir lg kering banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau sih lokal nggak nya kak. iya pengalaman aku pun lip scrub bikin cerahnya bukan yang merubah pigmen kulit, tetep warnanya kayak aslinya gimana tapi lebih cerah 'sedikit'. bener aku juga kaget lah, hebat banget ada produk kayak serum yang merubah pigmen bibir (berdasarkan video before after selebgram), mana lagi murah ini kan.
      soalnya setau aku yg paling ajib buat mencerahkan bibir kan sulam bibir wkwkwk.

      Delete
  3. Oh ternyata lipstik juga ada yang model seperti itu ya, kayak serum. Kirain aku cuma batangan.

    Kadang memang ada yang viral di tiktok jadi pengin beli. Eh ternyata setelah coba sendiri tidak sebagus iklannya.😂

    ReplyDelete
  4. Wih cantik banget kalau di ombre gituu, aku juga sebenernya pengen coba ini yang lagi nge hits tapi masih nyari nyari yang warnanya bagus dan gak terlalu pink

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buat ombre cakep juga, jadi masih termaafkan lah wkwkwk

      Delete
  5. waaaaa iya juga warnanya kurang merata ya mbak, tapi bagus juga kl dipakain buat ombre gitu.. drpd nggak kepakai kan ya, hhh

    ReplyDelete
  6. Aku pikir warnanya bening dan bakalan efeknya di bibir kyk transparan lip gloss gitu, Far. Gak taunya jadi pink mauve, ya. 😆

    Ngomong-ngomong aku jadi kepo sama video tiktok nya yang viral nih. Maklum gak punya aplikasinya, jadi gak tau yang viral-viral belakangan ini apa. Hehehe. Tapi sepertinya sih banyak banget yang overclaim ya, Far? 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga udah ngehapus app tiktok sebelum serum ini viral kak, cuma di ig banyak banget yang ngrepost video tiktok jadi akhirnya aku tau apa yang lagi hype di tiktok.
      ig itu berasa penyedia berbagai platform deh kak XD, nggak facebook, twitter, musically, youtube, tiktok, semuanya di repost di sana jadi kita bisa tau dunia dari satu platform aja XD

      Delete
    2. Duh, ketahuan juga nih kalau aku jarang utak-atik instagram 🙈. Belakangan ini lagi males banget nih, Far aku buka Instagram. Kalaupun buka cuma buka timeline doang bentar terus aku tutup lagi app nya.🙈

      Delete
    3. sekarang aku juga nggak sering lagi liat explore kak, kapok, kuota abis nih hahaha 🙈

      Delete
  7. Menarik juga Lippie Serum ini yaa apakah lebih hebat dari lipstik biasa..😊😊

    Dan apakah kalau saya yang memakai ada aura untuk dilirik oleh para gadis2..🤣🤣🤣🏃🏃💨

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bang sat, gadis gadis nggak lirip gincumu, tapi dompet muuuu XD
      canda yaa XD

      Delete
  8. kulitmu cantik dan sehat banget say, kek orangnya hehehe.
    Saya baru ngeh dong dengan serum bibir ini, dan saya kira tadi kayak serum wajah gitu, jadinya kayak pelembab, eh ternyata ada warnanya.

    Kalau saya, masalah bibir, selama sehat sih nggak masalah nggak ngepink atau merah, kan juga sama dengan kulit ya, kecuali mungkin pakai infus whitening hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah bisa aja kak rey,
      aku juga nggak masalah sih kak sama warna bibir asliku, tapi karena muncul produk yang 'kata selebgram' bisa merubah pigmen bibir dalam 7 hari kenapa enggak ya kan kak XD, apalagi murce, cus deh aku beli kak XD

      Delete
  9. Terimakasih untuk reviewnya mba Farah..

    ReplyDelete
  10. aku kira hasilnya bening aja gitu. ternyata berwarna ya. baru tau ada produk ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kemarin lagi muncul beberapa produk ginian selain merek raecca, produk lip gel yang bisa berubah warna kalau kena kulit atau benda - benda lainnya gitu

      Delete
  11. menggunakan ini bibir pasti langsung merona seperti bibir kakak, tapi sayang saya laki-laki, he-he

    salam kenal kak, teman baru

    ReplyDelete
  12. Duuuuh sukaaa deh liatnya pas kamu yg pake far. EMG dasarnya warna bibirmu juga ga gelap sih yaaa. Kalo aku EMG gelap soalnya. Jd penasaran sih kalo wrnanya dioles di aku, bakal jd warna apa.. kalo sampe pink mauve gitu, kebanting Ama wrna kulit ekwkwkwkwkwk. Eh tapi aku jg bukan tipe yg suka pake liptint sih. LBH suka lipstik yg wrnanya LBH gampang diapus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bibir farah juga rada gelap kak di pinggir bibirnya, makanya kurang suka pake ini, dan sejujurnya agak kurang pede pake yang warna mauve gini, merasa kurang klop aja kak XD
      iya kak dari tahun ke tahun nyobain berbagai jenis lip tint, belum ada yang masuk ke hati, kalau warnanya bagus formulanya malah kurang cocok di bibir aku, atau sebaliknya. akhirnya ada yang aku kasih ke orang atau aku anggurin aja kak

      Delete
  13. Wah warnanya cantik ^^

    Lebih ke lip stain berarti yaah dibanding skincare?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, kalau di aku ini lebih ke lip stain yang mengandung lipcare

      Delete
  14. Cantiik banget fotonyaa! Aku sempet tertarik beli ini karena bibirnya jadi cerah banget tapi masih maju mundur :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. aww thank you <3
      iya aku juga kalau mau beli sesuatu pasti butuh waktu buat mempertimbangkan hihi

      Delete
  15. kalau udah diolesin ke bibir, bibir jadi terlihat seger gitu, aku lama ga pake lip model beginian

    ReplyDelete

Post a comment