Search

Hi, I am Farah!
Hai,
Aku Farah, tebak aja aku umur berapa ya hehe. Aku memulai blog ini sejak tahun 2017. Aku menulis tentang beauty, resep, personal thought dan travel. Tapi beauty sepertinya lebih dominan nih hehe. Dan, aku mau berterimakasih buat kalian semua yang sudah datang ke blog aku ^^
Selamat membaca!

POND'S Instabright Tone Up Milk Facial Foam Review

 


Beberapa waktu yang lalu aku dapet #SOCOBOX x POND’S yang salah satu isinya ada POND,S INSTABRIGHT TONE UP Milk Facial Foam. Dan setelah mencobanya kini saatnya menerbitkan ulasan!

 

Klaim

Facial cleanser yang mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Diformulasikan dengan bahan terbaik dari Pond’s seperti brightening vitamin, milk protein essence, dan glutaboost essence, untuk wajah cerah seketika, terasa halus, lembut serta bebas kilap.

 

Cara Penggunaan

Basahi wajah, keluarkan produk pada tangan, buat busa dan pijat lembut pada wajah dan leher. Bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan secara teratur setiap hari bersama dengan Pond’s Instabright Tone Up Cream.

Lalu, di produk juga ada kalimat yang di highlight “Dapatkan hasil wajah cerah alami dengan menggunakan rangkaian Pond’s Tone Up: Pond’s Tone Up Essence; Pond’s Tone Up Cream, Pond’s Tone Up Mask Vit. C, dan Pond’s Tone Up Mask Honey.”

 

Ingredients

Myristic Acid, Glycerin, Water, Propylene Glycol, Stearic Acid, Potassium Hydroxide, Glycol Distearate, Lauric Acid, Decyl Glucoside, Glyceryl Stearate, Fragrance, Phenoxyethanol, Polyquaternium-7, Disodium EDTA, PEG-4 Dilaurate, PEG-4 Laurate, Niacinamide, Glycine, Cystine, Hydrolyzed Milk Protein, Sodium PCA, Iodopropynyl Butylcarbamate, PEG-4, Sodium Benzoate.

Dari daftar ingredients ternyata produk ini tidak mengandung alcohol. Akan tetapi mengandung fragrance, yang tertera pada ingredients Myristic Acid dan Fragrance.

Untuk bahan yang berfungsi sebagai surfaktan ada pada Myristic Acid, Lauric Acid, Decyl Glucoside, dan PEG-4 Laurate, surfaktan itu sendiri merupakan agen yang berfungsi sebagai pembersih dan pembuat foam. Lalu, dari bahan surfaktan yang ada, Myristic Acid merupakan yang paling awal di list ingredients dan Paula Begoun (pendiri Paula’s Choice - American Skincare Brand) menuliskan dalam websitenya bahwa Myristic Acid dapat membuat wajah jadi kering. Okay, we will see, apakah produk ini bikin kering?

Lalu disini ada brightening agent yakni niacinamide, tapi sebenarnya aku bukan tipe yang percaya cleanser bisa bikin cerah permanen. Kalau seger abis cuci wajah menurut aku masih bisa iya, tapi permanen atau jangka panjang tanpa dibantu skincare lain itu, No.

Ngomongin soal klaim yang bikin wajah jadi lembut itu, dari ingredientsnya aku rasa mungkin iya, karena di dalam produk ini mengandung Stearic Acid, Glycol Distearate, dan Glyceryl Stearate yang bekerja sebagai emollient, yakni membuat kulit kita terasa halus. Tapi tetap aja kita akan lihat apakah benar dia bisa bikin halus di aku.

Dan terakhir untuk Anti-Acne agent nya ada pada Lauric Acid dan Niacinamide.

 

Performa di Aku

Pas pertama kali buka produk dan cium aroma isi produk, mengingatkan aku sama Body Butter Wardah yang Milk kalau gasalah inget. Walaupun nggak 100% mirip tapi aroma khasnya itu loh yang kayak sejenis. Dan dari seluruh edisi Pond’s Tone Up yang aku terima dari #SOCOBOX, aroma mereka mirip – mirip. Jadi konsepnya kayak Wardah edisi Lightening yang semua produk dalam series itu memiliki aroma yang sama dan khas.

Pas dibusakan di tangan, busanya banyak binggo. Dan selama aku apply ke wajah ada efek yang bikin nyuci muka tu jadi enaak banget, kulitku jadi halus, lembut, dan geronjolan – geronjolan di wajah nggak terasa sama sekali, kayak masalah kulitku hilang pas lagi nyuci muka. So, the ingredients do their job well! Tapi efek ini terjadi hanya selama aku mencuci muka aja. Kalau nggak lagi cuci muka ya tekstur nya kembali ke seperti apa aslinya.

Waktu dibilas, keset. Bahkan telapak tanganku juga ikut keset banget wkwkwk. Jadi, apa yang di kasih tau sama Paula di aku benar adanya, tapi aku gatau ini hanya karena Myristic Acid aja atau kombinasi dari seluruh surfaktan yang ada di dalamnya. Sedikit mengganggu untuk keset di telapak tangan, tapi kalau di wajah aku masih fifty – fifty, soalnya aku juga pernah cocok sama cleanser yang kesat dan cleanser kesat bisa diakali sama hydrating toner setelahnya, jadi aku masih ada harapan. But in the end, I will tell you guys apakah aku cocok atau nggak, tapi aku pengen kalian baca dulu ya impresi pemakaian di aku seperti apa, jadi nggak hanya sekedar cocok atau nggak cocok.

Terus efek sementara yang aku dapatkan setelah mencuci muka itu kayak ada rasa dingin jadi terkesan seger aja bukan dingin menthol, tapi itu hanya sebentar ya.

Nah, kalau ditanya mencerahkan? Jawaban dari pengalaman aku tidak mencerahkan ya.

Kalau dilihat dari foam dan kekuatan kesetnya, kemungkinan pH cleanser ini tinggi alias basa. Terus kenapa? Sebenarnya aku pernah nyampein ini di postingan aku di COSRX Low pH, cuma bakal aku kasih tau lagi disini. Nah, sebelum aku nyobain ini, aku pake cleanser wardah yang pH nya cukup rendah. Kalau pH cleanser itu rendah, dia nggak bikin kulit jadi keset dan kering.  Sebenarnya, sah – sah aja kalau suka sama cleanser pH basa dan yang efeknya kesat, asal cocok di wajah ya lanjut aja. Soalnya, kulit kita memiliki kemampuan untuk mengembalikan kelembaban ke kondisi semula dan cleanser pH tinggi juga bisa diakali dengan penggunaan hydrating toner setelahnya. Tapi, untuk sebagian orang (bukan semua orang), cleanser dengan pH tinggi apabila digunakan terus – menerus dapat membuat kulitnya jadi dehidrasi, kering dan iritasi. Jadi, buat yang nggak cocok atau iritasi sama cleanser basa dan kesat, maybe this is not for you.

Oke, balik ke hasil keset itu di atas, walaupun keset aku masih bisa sedikit nerima asal nggak bikin breakout, dan aku masih bisa mengakali rasa kesatnya dengan selesai cuci muka aku itu selalu pake hydrating toner (kecuali mandi sore).

Tapi sayangnya, produk ini di aku nggak cocok. Waktu itu aku sempet ada jerawat hormonal dua hari sebelum pake ini, pertama kali pake ini masih ada jerawatnya, tapi pas aku lanjutin pake produk ini selama beberapa hari kok jerawatnya lama banget sembuh dari biasanya ya, dan bad news nya lagi di aku nimbulin jerawat baru :(, dua atau berapa ya, dan jerawatnya  itu gede, salah satunya ada di pipi, jadi aku stop penggunaan cleanser ini.

Tapi, walaupun di aku nggak cocok, hal positif yang aku lihat dari produk ini adalah kekuatan mengangkat minyak produk ini luar biasa, waktu aku abis ngebersihin wajah pake oil buat ngremove makeup, terus aku lanjut pake ini, wihh, performa mengangkat minyaknya itu loh! Sekali nyuci muka aja rasanya nggak ada lagi sisa – sisa minyak pembersih makeup, padahal biasanya kalau aku pake cleanser low ph (otomatis non soap formula) aku butuh 2 kali cuci muka atau pake produknya yang banyak kalau lagi pake oil buat ngebersihin wajah.

Jadi, walaupun di aku nggak cocok, mungkin buat kalian yang super oily bakal suka sama ini. Tapi, ya itu kembali lagi ke kalian gimana dan yang mana cocoknya. :)

 

FYI, produknya masih ada sih di aku, dan belum dipake lagi, gatau nih mau diapain, mungkin bakal aku pake buat nyuci sponge dan brush. Soalnya kalau dipake ke badan juga aku lebih suka sama sabun badan yang nggak kesat.

 

Segitu aja ulasan kali ini, semoga membantu <3

Produk ini bisa dibeli di:

Sociolla

 

Comments

  1. Wah, jadi berdebar-debar nih aku kalau seumpamanya harus cobain facial wash ini. Itu karena mukaku ini gak kuat kalau kena facial wash yang bikin kesat dan kering. Terakhir kali pake facial wash yang punya efek kesat dan kering, mukaku langsung dehidrasi soalnya 😭😭😭

    ReplyDelete
  2. wah bisa dicoba nih, beberapa aku pakai merek ini

    ReplyDelete
  3. Diriku juga dapat nih socobox ini, dan udah saya pake, mau saya review juga hahaha.
    Nah kalau di saya hampir mirip awalnya Farah, saya jadi jerawatan dong, meski ya akhirnya nggak sampai meradang, karena mungkin saya pake pelembab benton yang mengandung teatree.
    Yang saya agak masalah di awalnya sebenarnya kesetnya, apalagi saya kan abis pake wardah yang ungu itu, di mana ada kesan agak licin, pas make ini jadi keset rasanya aneh aja hahaha.
    Btw mirip kesetnya Ariul nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tea tree benton? hmmm sepertinya aku naksir
      btw aku belom pernah coba airul kak haha XD

      Delete
  4. Seems bakal cocok nih sama kulitku, perihal kulitku tipikal yang gampang banget berminyaknya..

    Thanks for recomending kak

    ReplyDelete
  5. Iya ngga cocok juga pake ini. Aromanya juga terlalu nyengat menurut gue. Padahal dulu suka banget pake ponds. Mengapa sekarang beda ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga pas SMP nggak masalah sama merek ponds, cuma mungkin sekarang kebutuhan kulit udah beda dan semakin ke sini ada bahan yg harus dihindari jadi lingkup skincare yg cocok makin sempit

      Delete
  6. Aku dulu pecinta facial wash yang bikin keset:', sekarang big no! Makannya aku sekarang kaya jarang gitu coba facial wash yang banyak foam, lebih milih yang gel gitu. Tapi axis y cleansing foam yang terbaru aku suka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asal cocok walaupun foamy gak masalah sih

      Delete
  7. Aku juga dapet ini dari Socobox haha. Di kulitku yang oily enak banget, kayak nahan minyak tapi gak bikin kulit terasa ketarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, pasti ada pemilik oily skin yang suka sama produk ini ;)

      Delete
  8. Yah sayang banget ya ga cocok say. Aku sama sekali belum pernah coba skincarenya pond;s, eh aku udah berkali-kali pakai micellarnya ding, itu aku cocok banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang banget nggak cocok :(. aku belum pernah coba nih si micellar nya, harganya lebih murah dari ga***er nggak ya? :'D

      Delete
  9. aku juga dapet socobox ini, tp belum cobain krn lg fokus sama skincare lain. agak serem jg kalo coba skincare terus ga cocok. tp mayan jg ya performanya buat bersihin sisa make up

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya kalau dapet socobox juga bukan sepenuhnya hepi, ada rasa takut nggak cocoknya itu juga ToT

      Delete
  10. Aku ga akan cocok pembersih ini far :D. Apalagi kulitku ga berminyak juga, bisa super super kering dia ntr :p. Jd rasanya ga bakal berani coba. Tp memang dr dulu aku ga cocok Ama produk Pond's. Sempet kulit breakout parah waktu awal2 pernah pake cleanser Pond's yg zaman dulu. Sejak itu aku ga brni pake produk ini lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak fan, waktu smp ada juga temenku yang nggak cocok sama produk ini. Pasti nyesek ya kak pas breakout nya :(

      Delete

Post a comment