Search

Hi, I am Farah!
Hai,
Aku Farah, tebak aja aku umur berapa ya hehe. Aku memulai blog ini sejak tahun 2017. Aku menulis tentang beauty, resep, personal thought dan travel. Tapi beauty sepertinya lebih dominan nih hehe. Dan, aku mau berterimakasih buat kalian semua yang sudah datang ke blog aku ^^
Selamat membaca!

Do's and Don'ts Serta Hasil Penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Toner

  


Ah, akhirnya nulis lagi yah!

Di postingan kali ini, aku bakal mengulas salah satu toner brand lokal, Avoskin Miraculous Retinol Toner. Dari dulu udah sering denger brand satu ini, dan kebanyakan review nya bagus bagus. Dan jujur aja aku excited banget buat coba toner retinol Avoskin. Apalagi ini pertama kalinya aku pake skincare yang ada kandungan retinolnya! Dan ketika menulis ini aku sudah #1MonthUsingRetinol ! Kira – kira selama satu bulan pemakaian cocok nggak ya di kulit aku? Ada perubahan nggak? Ada purging nggak? Ga usah panjang lebar lagi, kita langsung saja ke ulasannya~

 

Apa sih Avoskin Miraculous Retinol Toner?

Ini adalah toner anti aging yang dapat digunakan mulai usia 20-an. Mengandung Actosome Retinol yang 50% minim iritasi dibandingkan dengan retinol biasa, selain itu pada produk ini juga mengandung peptide untuk membantu memproduksi collagen pada kulit. Dan produk ini adalah produk lokal, aku yakin banyak yang udah tau sih. Lalu, kita harusnya senang dan bangga dong ada merek lokal yang memproduksi skincare retinol sendiri, selain kita membantu bisnis lokal, produknya juga lebih mudah didapat dan apabila dibandingkan dengan produk luar seperti IOPE Retinol TX, Rapern Stretching Essence, PIXI Retinol Tonic, PIXI Retinol Serum, dan Paula's Choice Clinical 1% Retinol Treatment, harga Avoskin Miraculous Retinol Toner ini lebih terjangkau.

 

Klaim / Manfaat Avoskin Miraculous Retinol Toner

Memudarkan garis halus, menjaga kekencangan kulit, dan mencerahkan kulit. Memicu regenerasi sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen secara alami. Selain itu produk ini tertulis fragrance free dan sensitive skin friendly. 

 

Packaging

Botol plastic berwarna coklat tua, nggak ada banyak masalah sama packagingnya kecuali memang produk ini harus dijaga biar nggak bergores. Gaenak aja kan dilihatnya.



 Ingredientsnya apa aja?

Water, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Camellia Sinensis (Greet Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexylglycerin, Cholesterol, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12.

Catatan: Mengandung 0.09% Actosome Retinol, 0.1% Peptide (Hexapeptide), Vitamin E, Niacinamide, dan ekstrak natural seperti Camellia Sinensin (Green tea leaf), Raspberry, serta Pomegranate.

  • Pomegranate mengandung vitamin C, Polifenol, dan asam ellagic yang berfungsi untuk antioksidan, merangsang produksi kolagen, serta melindungi sel kulit dari kerusakan.
  • Raspberry yang mengandung asam lemak esensial, seperti Omega-3 dan Omega-6 berfungsi menjaga kelembapan kulit. Kandungan ellagic acid pada buah ini juga berfungsi untuk yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Untuk brightening agent nya ada pada kandungan Niacinamide dan Retinol.
  • Anti aging nya ada pada Niacinamide, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Tocopheryl Acetate (Vitamin E) dan Retinol.
  • Selain itu Retinol juga bermanfaat sebagai Acne-Fighting loh. Dan Niacinamide juga selain brightening dan anti aging berfungsi sebagai penenang gitu.
  • Tapi, kalau dilihat – lihat lagi nih ya ingredientsnya produk ini masih mengandung fragrance tertulis pada BHA (Butylated Hydroxyanisole), ya memang fragrance nya ini tertera pada list akhir – akhir sih, nanti aku jelasin di tekstur dan aroma tentang fragrance nya menyengat atau nggak, dan toner ini mengandung bahan fungal acne atau malassezia folliculitis trigger, seperti Polysorbate 20, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, dan Glyceryl Stearate, dan aku sendiri pernah mengalami beruntusan kayak gejala fungal acne, lalu apakah dengan toner ini akan ketrigger? Penjelasan di bagian performa ya

 

Cara Kerja Retinol di Kulit

Berhubung ini tema utamanya retinol, jadi aku buat point khusus untuk cara kerja retinol ya. Jadi, retinol bekerja dengan mengurangi melanin (atau produksi pigmen di kulit) dan bintik matahari, tetapi juga mampu meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit yang lebih dalam dan membantu mempertahankan kolagen dan elastin yang sudah ada di sana. Dan FYI retinol adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling banyak dipelajari hingga saat ini. Aku sempet bingung, bedanya sama acids apa ya, kok fungsinya sama, irritant juga sama, apa sama aja? Ternyata, bedanya retinol dengan acids baik itu AHA atau BHA adalah cara kerja AHA BHA mengelupas kulit secara kimiawi — membantu melapisi kembali kulit, mencerahkan bintik matahari, meminimalkan perubahan warna, dan meratakan tekstur kulit.

 

Tekstur dan Aroma

Teksturnya cair cenderung kental. Dan finishnya ada sedikit lengket, tapi aku pribadi nggak masalah. Lalu kadang (nggak selalu) tu ya kalau digosok gosok banget di tangan jadi agak berbusa, cuma pas di apply di wajah nggak lagi. Kalau di aplikasiin di kapas, tekstur kapasnya jadi lembut dan halus bangett. Dan aromanya itu ada, walaupun di klaim tertera fragrance free, tapi pas aku cium di botolnya kayak ada aroma yang mengingatkan aku sama baby product misalnya tisu basah gitu gitu deh. Tapi kalau udah di tangan aromanya jadi makin tipis, dan pas dipakai di muka aromanya semakin memudar dan hilang. Mungkin itu kali ya yang dimaksud fragrance free nya.

 



 

Cara Pakai

Cara pakai nya diaplikasikan pada kulit yang bersih, digunakan 2 – 3 kali seminggu hanya pada malam hari (petunjuk ini aku dikasih tau sama pihak Avoskin ya), gunakan sunscreen keesokan harinya untuk mengurangi iritasi akibat sinar matahari. Apabila timbul kemerahan atau tanda iritasi, sesuaikan frekuensi pemakaian.

Produk retinol tidak bisa dibarengi dengan skincare berbahan aktif seperti exfoliating yakni AHA, BHA. Dan katanya vitamin C juga nggak bisa. Namun, karena toner ini hanya dipakai 2 – 3 kali seminggu, jadi kalian bisa pake skincare yang ada kandungan di atas dengan diselang – seling harinya. Jadi, di waktu kalian pake retinol jangan pake bahan diatas, tapi di keesokan harinya ketika nggak pakai retinol kalian bisa pakai bahan – bahan di atas.

Selain itu disarankan menggunakan hydrating toner saat penggunaan retinol toner ini untuk meminimkan iritasi.

 

Performa di aku selama #1MonthUsingRetinol

Jujur ya, satu bulan pake retinol itu rasanya full of journey! Karena memang retinol ini kan pakainya nggak boleh dibarengi skincare a b c, rentan iritasi dan dia rentan purging. Kita sendiri yang harus menemukan jalan yang cocok buat kita pakai retinol. Beda sama skincare lain kalau nggak cocok yaudah nggak cocok, ini tuh beda, mau diakalin gitu biar cocok, kalau ada tanda iritasi artinya kita kurang akal belum menemukan jalan yang cocok buat pakai si retinol ini. Dari minggu pertama sampai 3 minggu awal tuh penuh percobaan dan cobaan. Karena cukup panjang ceritanya selama satu bulan ini, aku bakal tulis dalam bentuk poin aja ya:

  • Awal pakai aku sempat purging dan kulit jadi lebih kering, tapi itu nggak lama, hanya di awal minggu ke 1.
  • Karena aku di awal sempet purging dan waktu itu aku pakai kapas, jadi selanjutnya sampai sekarang aku nggak pakai kapas lagi, untuk mengurangi gosokan di wajah supaya jadi lebih less-irritant.
  • Sempat pakai retinol toner dibarengi sama night cream yang mengandung citric acid which means salah satu golongan AHA, dan kulitku besoknya jerawatan dan merah.
  • Untuk facial wash sendiri aku pake yang ada kandungan citric acid juga tapi list nya ada di paling akhir, dan alhamdulillah nggak ada masalah.
  • Udah aku cobain pake hydrating toner setelah penggunaan retinol toner, tapi masih ‘kurang’ less irritant. Jadi akhirnya aku ganti hydrating toner terlebih dahulu baru deh abis itu retinol tonernya, dan lumayan bekerja di aku.
  • Sempet pake retinol toner lebih dari 3 kali seminggu, hasilnya? Of kors gagal maning. Iritasi bok.
  • Sempet juga pake retinol toner harinya berurutan, misalnya hari ini pake retinol, besoknya juga pake, tapi gagal juga, karena iritasi keesokan harinya dan timbul jerawat.
  • Pernah pas lagi nggak solat gitu ya, aku mandinya jam 10 atau jam 11 atau malah lebih, dan wajahku belum kena bilas sama sekali sampe siang, masih ada sisa skincare tadi malam, alhasil apa? Jerawatan. Yes, jerawatan.
  • Kesimpulannya the best way for me to use retinol toner adalah pakai 2 kali seminggu aja, pakai tangan untuk mengurangi iritasi dan irit wkwk, harus dipakein hydrating toner dulu sebelum pemakaian, dan pake skincare yang soothing agent kayak aloe vera gel, tidak digunakan di hari yang bersamaan dengan exfoliating skincare, besok paginya abis mandi juga harus pake hydrating toner, terus di pagi hari nggak boleh lama – lama ada sisa skincare tadi malam, seenggaknya kalau nggak mandi pagi itu udah kena wudhu deh, baru jam 7 atau jam 8 paling telat udah mandi. Untuk tanda tanda fungal acne atau malassezia folliculitis secara penampilan di aku nggak ada kalau pemakaian 2 kali seminggu, kalau untuk test lab nya nggak tau ya karena nggak ke dokter juga hanya untuk ngecek fungal acne atau malassezia folliculitis. 
  • Dan selama pemakaian 1 bulan untuk review aku pakai skincare lain ya (facial wash, hydrating toner, aloe vera gel, exfoliating skincare – kalau ini dipake di hari yang berbeda dengan retinol) yang sama sejak setengah tahun lebih, tidak ada penambahan apapun kecuali retinol toner ini. Jadi aku memang pengen lihat apasih perubahan kalau aku tambahin retinol ke dalam rangkaian skincare aku, ngaruh nggak, atau jangan – jangan biasa aja.

Dan untuk before after serta progress dari minggu pertama sampai minggu keempat berikut dokumentasinya:






After nya ini sama dengan 4th week ya

Untuk foto aku selalu ambil di akhir minggu pemakaian di pagi hari kira – kira jam 7 sampai setengah 8, dengan kondisi belum mandi namun wajah sudah dibilas dengan air. Dan dari hasil yang aku lihat selama 1 bulan itu, pengaruh yang paling nyata adalah retinol toner ini bisa mengatasi wajahku yang kusam menjadi lebih cerah. Kalau mengatasi garis halus di bawah mata aku rasa retinol toner ini cukup membantu, tapi aku nggak bisa bilang sepenuhnya karena retinol toner, soalnya aku sendiri punya skincare khusus untuk mengatasi kerutan mata yang sudah lama aku pakai sebelumnya. Cuma memang, progress nya jadi lebih aja sejak ditambah retinol toner ini.

 Produk ini bisa kalian miliki seharga Rp. 179.000 untuk 100 ml di:

Shopee | Tokopedia | Lazada | Sociolla

Dan trust me, produk ini awet banget kalau dipakai cuma 2 atau 3 kali seminggu di malam hari doang apalagi nggak pakai kapas, sebulan aja aku habisnya masih kurang dari ukuran tebal kelingking aku.  

Kalian bisa cek website avoskin serta Instagram avoskin @avoskinbeauty untuk mengetahui lebih lanjut tentang brand dan produk – produk mereka. 

Sekian dulu ya review kali ini udah cukup panjang. Semoga bermanfaat ^^

Comments

  1. Ngaruh banget ya buat jerawat.. Dari retinol tuh aku ngincer efek mencerahkannya. Muka ku banyak noda hitam soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak hayu,
      belum nemu cara yang pas pakai retinol aja udah keliatan efek cerahnya,
      dan pas udah dapet cara pakai retinol yang tepat untuk kulit kita, bahkan jerawat pun juga hempasss :D

      Delete
  2. Masukin product dgn kandungan retinol dalam skincare regime itu emang agak tricky yaa.. btw habis baca reviewnya aku jd makin mau cobain toner dari Avoskin ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saking tricky nya awalnya tuh pengen nyerah karena gatau gimana ya ngakalinnya hahaha
      cus cobain juga :D

      Delete
  3. Selamat ya, faraaaaaah. Akhirnya kamu sudah jadi anak retinol sekarang.🥳🥳🥳

    Aku juga udah cobain Avoskin retinol toner ini nih, Far. Kebetulan ini juga skincare dengan kandungan retinol pertama yang aku coba. Hehehe😂. Tapi alhamdulilah, sejak awal pake udah cocok banget aku sama toner ini😆. Bahkan aku sempat pakai toner ini tiap hari.🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuuu :D heheheh
      waah kak roem beruntung banget pertama kali coba langsung cocok, lah eke mau purging dulu, belum lagi nyari cara supaya nggak terlalu mengiritasi, boro boro tiap hari, baru 2 hari berturut-turut aja langsung iritasi aku kak e hahaha
      iri aku sama kulit kakak XD

      Delete
  4. keliatan banget cerahnya.. aku tadi baca juga review orang soal produk ini sempet bikin kulit wajah kering ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya awalnya sempet bikin kering nih di aku, tapi di pemakaian selanjutnya nggak sih hehe

      Delete
  5. faraaahh, dirimu itu cantik banget sih, ayu mempesona, belom mandi aja cantik, apalahi kalau udah dandan :D
    Btw, ini retinol lagi booming ya kayaknya sekarang, sering banget direview orang produk-produk mengandung retinol, dan seperti biasa saya kepo dan pengen coba juga dong hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah 😍, jangan buat aku melayang kak XD hahaha
      Iya kak akhir akhir ini skincare dengan main ingredients retinol lagi hype banget, awalnya sih aku agak gak perduli gitu, cuma pas udah nyoba nggak heran kenapa jadi hype :D

      Delete
    2. Hihihihi, emang bener kok :D

      Btw jadi pengen nyobain, udah lama banget saya kepo ama avoskin ini, nunggu tonner saya abis, setelahnya mau nyobain tonner ini ahh, semoga pas ada diskonan di Sociolla :D

      Delete
    3. Memang pada bagus bagus sih Avoskin ini kak. Gak heran lagi aku sekarang TOT

      Delete
  6. Faraaaah suka deeeh Ama kulitmu :D. Alus bangettttt. Pinkish2 pula

    Anyw, aku udh nyerah duluan baca ingredientsnyaaaa hahahhaah. Ga bisa deh kayaknya buatku far. Mana super sensitif gini kulitku. Sebelumnya aku ga prnh pake retinol sih, pengen, tapi karena sejarah kulit yg gampang bgt purging, kayaknya ga mau ambil resiko deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah makasih kak Fan TOT
      suka deh sama kak fan yang mengerti sama kulitnya, iya kak kalau super sensitif lebih baik cari skincare dengan ingredients yang lebih aman, karena gak bisa dipungkiri retinol termasuk bahan yang irritant. tapi kalau kak fan udah berani pakai retinol aku rekomendasi banget pake avoskin retinol series dimulai dari tonernya dulu hehe

      Delete
  7. Wahhhh keren banget, bisa bikin kinclong gitu yaa wajahnya.. Jadi berkilau, klepek klepek nih kalau ak pake heieh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bisa aja masnya
      nggak langsung kinclong kok mas hahaha, cuma jadi nggak kusam lagi hehehe. tapi ngomong ngomong retinol juga berfungsi buat mengatasi jerawat loh mas sebenarnya, jadi kayaknya masnya nggak salah deh bilang jadi kinclong hehe

      Delete
  8. Oh hasilnya langsung terasa ya, kulit jadi putih bersih dan lebih kinclong, buat jerawat juga bisa. Memang oke Avoskin Miraculous Retinol Toner.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh proses dan perjuangan sih mas sebenarnya wkwkwk. Karena harus nyari sendiri gimana cocok nya pakai retinol.
      But this is worth to try product!

      Delete
  9. Wah mba kulitmu cerah banget.. btw suka banget sama artikel kamu, very informative. Gak cuma share resultnya tapi juga detail banget jelasin kandungannya dan do and donts nya hihi jadi belajar banyak bangeeet thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa masyaallah 😍, makasih kak nisa semoga membantu ya, senang banget bisa membantu ^o^

      Delete

Post a comment