Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser

February 05, 2020


Facial wash emang udah kayak sabun mandi ya, wajib. Dan buanyak banget merek-merek serta fungsi facial wash yang di jual di pasaran. Tapi, dari semua facial wash itu gak semua facial wash yang bisa bikin nyaman atau cocok di wajah. Oleh Karena itu kita perlu banget mastiin suatu facial wash yang ingin kita gunakan sesuai dengan kondisi kulit kita dan menghindari ingredients yang gak bikin nyaman di kulit.

Sama kayak aku yang beberapa waktu lalu kehabisan facial wash, pengen beli jenis facial wash yang sama tapi bosen. Jadi, akhirnya aku memilih facial wash merek lain namun memiliki fungsi yang serupa yakni for dry and sensitive skin. Soalnya, aku udah terlanjut nyaman banget pake facial wash for dry and sensitive skin. Rasanya enak aja gitu, gentle di kulit. Gak narik. Terus tetap menjaga kelembaban kulitku.

Akhirnya aku mencoba facial wash dari Safi. Tapi ternyata aku salah beli dong, aku ternyata beli facial wash yang sebenarnya untuk oily and sensitive skin. Aku baru tau pas liat-liat reviewnya di youtube kak tasyafarasya sama kak bellinda pas nyampe kamar setelah beli ini huhuhu. Soalnya di kemasannya aku gak liat ini untuk jenis kulit apa, ya aku pikir untuk semua jenis kulit. Aku khawatir banget takut bikin kulit aku gak nyaman nanti pas kepake, dan aku lebih takut lagi harus beli baru dan ngeluarin duit lageee 😭. Tapi aku berusaha untuk tetap tenang dan tetap mencoba facial wash ini mana tau gak terjadi apa apa. Untuk bagaimana hasilnya, kalian bisa lihat di impression aku, cuma sebelum itu aku mau cerita dulu tentang produk ini.

Jadi produk yang aku tulis kali ini adalah Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser. Facial wash ini berfungsi membersihkan kulit dari sebum dan kotoran yang berlebihan secara optimal, serta menyejukkan kulit. Selain itu facial wash ini mengandung Chamomile & Licorice yang berfungsi untuk merawat dan menyejukkan kulit yang kemerahan sehingga kulit terasa nyaman. Gak hanya itu, facial wash ini mengklaim memiliki pH yang seimbang, halal, tanpa fragrance, tanpa alkohol, tanpa pewarna and no animal testing.

Untuk ingredients list nya:
Aqua, Glycerin, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide Methyl MEA, Acrylates Copolymer, Sodium Chloride, Sodium Cocoamphoacetate, Citric Acid, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Phenoxyethanol, Potassium Sorbate.

Dari ingredients list nya bisa dilihat ya kalau produk ini bersifat humectant yang berasal dari Glycerin. Humectant ini sendiri berfungsi menarik air dari udara agar bisa menyerap ke kulit namun jika udara tidak cukup lembab maka akan diambil air dari lapisan terdalam kulit. So it can help to hydrate your skin babe.

Selain itu, cleanser ini mengandung Sodium Laureth Sulfate alias SLES yang mana ini merupakan versi ringan dari SLS. Sedangkan kalau dilihat di skincarisma malah tertulis Soidum Lauryl Sulfate atau biasa disebut SLS. Jadi, beda ya SLS sama SLESSLES ini berfungsi untuk mengangkat minyak dan kotoran serta menghasilkan busa namun irritant level-nya lebih rendah dibanding SLS yang dapat menyebabkan kulit jadi kering. Walaupun begitu, buat kalian yang kulitnya super kering dan sensitif tapi ngebet pengen pake safi dermasafe disarankan pake yang Safi Dermasafe Gentle Care Mouse Cleanser karena produk ini nggak menganduk SLS maupun SLES sama sekali dan lebih diformulasikan ke dry skin.

Cocamidopropyl Betaine dalam cleanser ini juga berfungsi sebagai Skin-Conditioning Agent – Miscellaneous. Maksudnya apa? Jadi maksudnya ingredients ini berfungsi memperbaiki kulit kering dan rusak dengan mengurangi pengelupasan dan mengembalikan kekenyalan. Selain itu, Cocamidopropyl Betaine berfungsi sebagai surfaktan alias foaming agent. Jadi dalam skincare ini foaming agent nggak hanya SLES aja.

Untuk kandungan Chamomile nya tertulis pada Anthemis Nobilis Flower Extract sedangkan untuk Licorice atau akar manis nya tertulis pada Glycyrrhiza Glabra Root Extract.

Untuk acne fighter nya terletak pada kandungan Licorice dan brightening agent nya ada pada bahan Licorice dan Citric acid. Dan Citric acid ini masuk dalam kategori Aplha Hydroxy Acids (AHA) yang berfungsi sebagai chemical exfoliator. Namun, citric acid ini sendiri belum bisa dibilang aman untuk kulit sensitive. Dan kebetulan, aku punya pengalaman pernah breakout akibat cleanser AHA-BHA juga. Nekat nyobain AHA lagi. Wkwk.

I am sorry guys, I cannot explain too much about this cleanser’s ingredients karena pasti bakal lumayan panjang ya haha.

Sekarang kita ke usage impressions:
 
Jadi, tekstur cleanser ini (sudah pasti) gel. Apabila dibusakan, dia nggak yang rich gitu, tapi masih berbusa. Gak ada bau sama sekali, walaupun di ingredients list nya ada bahan yang memiliki fragrance seperti Glycerin, Citric acidPhenoxyethanol, dan Potassium Sorbate. Pas pertama pakai, emang kerasa sih bedanya dibanding cleanser yang sebelumnya yang aku pake (Baca Juga: Erha Skin Barrier Facial Wash). 

Di awal-awal, aku merasa lebih gentle aja si Erha. Tapi lama-kelamaan pake si Safi, rasanya kok makin enak aja ya, di wajah juga meninggalkan kesan lembut sehabis cuci muka. Abis cuci muka juga nggak bikin ketarik atau kering sama sekali padahal ini lebih diformulasikan untuk kulit berminyak karena mengandung SLES. Soalnya aku kalau pake facial wash untuk oily skin itu langsung ketara banget keringnya, tapi ini tu nggak sama sekali. 

Untuk kandungan AHA yang ada pada Citric acid, alhamdulillah sampe sekarang nggak nimbulin breakout walaupun pernah punya pengalaman buruk sama AHA. Aku kurang mendalami lagi kenapa, entah karena AHA ini berdiri sendiri tanpa BHA karena BHA kan diketahui nggak mengandung komponen pelembab seperti AHA dan lebih mengeringkan sehingga kulit aku jadi iritasi atau entah karena konsentrasi AHA cleanser ini lebih rendah daripada cleanser yang sebelumnya bikin aku breakout.

Buat yang pengen pake cleanser yang nyaman di kulit aku saranin banget pake ini, namun buat kalian yang super kering dan sensitif lebih baik cari cleanser lain yang nggak ada SLES nya ya.

Price: aku beli 70.000-an di Watsons Offline Store

You Might Also Like

28 komentar

  1. Aduh kok seger ya sepertinya, hihi..
    Dari dulu pengen coba Safi sih. Tapi takut ga cocok karna udah bertahun2 pake ponds, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk coba.
      Btw Aku juga pas SMP pake ponds loh :D tapi gak lama, abis itu ganti, bukan karena gak cocok sih, cuma pengen yg lain aja

      Delete
    2. Soalnya tipe kulit muka aku agak aneh, jadi harus bertapa dulu kalo mau pake yg lain, haha..

      Delete
    3. Betapa nya di mana nih? Ikutan dong wkwkwk

      Delete
  2. Aku belum sempat coba skincare dari Safi. Sepertinya review produknya Safi bagus-bagus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku udah pake 2 produk safi, dan gak bikin breakout keduanya. Temenku juga ada yang cocok pake safi. Tapi ada juga nih temenku yang gak cocok. Hehe. Jadi itu kembali ke kulit mba, butuh nya apa dan alergi sama ingredients apa

      Delete
  3. Aku cuma ngangguk-angguk saja baca review facial wash ini, soalnya ngga terlalu paham masalah pelembab kulit kayak gitu.

    Harganya lumayan juga ya, 70 ribu, ngga kalah sama kuota sebulan..😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun hanya bisa ngangguk mas bacain review ini, taunya hanya pembersih sabun wajah aja, selain itum tak ada kosmetik lain yang kuketahui. Mentok paling lipstick doang taunya

      Delete
    2. What lipstick, tapi lipstik nya ngga dipakai kang Kamal kan? 😂

      Delete
  4. ini aman ngak ya mbak untuk yang kulitnya sensitif

    ReplyDelete
  5. kalau yang bentuknya gel seperti ini bukannya biasanya untuk kulit dry to normal ya mbak? Ohhh berarti kandungan SLES nya yang bikin ini diperuntukkan untuk oily.

    Sejauh ini cuma sekali pakai safi, yaitu yang white expert facial scrub nya. kalau scrup jelas ya bikin kering,

    facial wash aku sendiri pakai somebyme yang variant miracle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pelembab bentuk gel diformulasikan untuk normal to oily skin. Tapi kalau untuk cleanser, hanya melihat bentuk nya saja (gel atau tidak) langsung tau itu untuk jenis kulit apa aku masih belum nemu referensi soal itu. Soalnya menurut ku cleanser diketahui untuk jenis kulit apa melalui ingredientsnya (selain klaimnya). Dan aku pernah pake cleanser gel juga tapi untuk dry skin. Sedangkan ini gel tapi lebih ke oily. Ya karena itu tadi, ingredientsnya.
      SLES emang nggak mengeringkan banget, tapi buat yang super dry mending cari yg lain.

      Delete
  6. Safi lagi booming banget ya akhir-akhir inii..
    ku tu penasaran bahkan pengen cobain skincare nya juga tapi masih takut. takut gak cocok. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih lagi booming mbak thya, soalnya kemarin aku lihat mbak Rey juga ngulas Safi facial wash.

      Delete
    2. Udah lama sih kak boomingnya, cuma aku baru pake sekarang hehe

      Delete
  7. Kalau buat cowok pakai beginian cocok gsk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok cocok aja sih, kalau di ingredientsnya ngga ada alergi. Cuma, kalau ada facial wash khusus laki laki, ya mending pake itu

      Delete
    2. Oh saya kira semua yg di pakai buat cewek, gk cocok buat cowok

      Delete
  8. Ini wishlistku dari dulu tapi entah kenapa selalu lupa kebeli karna nyobain facial wash lain:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah beli ini karena ga sanggup beli wish list ku yang kemahalan :'D

      Delete
  9. Eh serius saya baru tahu Safi ada yang warna gini hihihi, saya tahunya yang age defy warna gold, ama warna biru juga, saya pernah pakai facial washnya.

    Btw, Safi bagus-bagus ya, bisa nih dia merebut pasar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata rata temen yang make produk safi pada bilang bagus sih mba. Walaupun masih ada yg ngga cocok.

      Delete
  10. Menarik ulasannya tetapi sepertinya lebih dominan khusus untuk wanita.

    ReplyDelete
  11. eh ini salah satu cleanser favoritku loh, soalnya ga nambah2in jrawat hehehehhh

    ReplyDelete
  12. Safi seri ini aku suka night creamnya. Kalo sabunnya ini belum pernah coba. Nanti kalo ke watsons aku beli deh hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mba icha kayaknya dry skin ya, mending cobain yang mouse cleanser nya aja mba, soalnya itu yang paling oke buat dry skin dibanding yang ini katanya

      Delete

Youtube Channel

Follow by Email