COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

February 27, 2020



Beberapa waktu yang lalu, aku dapet SOCOBOX dari Sociolla yang isinya ada skincare, makeup sama personal privacy need for woman aka pembalut. Katanya sih produk-produk itu merupakan Best of 2019 Sociolla tapi aku baru tau di Sociolla ada jual pembalut deh. Seneng sih pas tau dapet kiriman dari Sociolla. Pertama, karena ga perlu beli-beli barang itu lagi dan kedua, lumayan buat nambah review hihihi. Memang waktu itu se-excited itu pengen ngereview, tapi ya kalau skincare tertentu mana bisa buru-buru yak, perlu waktu dulu biar tau hasilnya.

Nah, salah satu produk yang aku dapet itu COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser dong! Aku udah lama banget sebenarnya ngidam ini produk, soalnya di review racun banget! Tapi pas mau beli harganya itu lo :’). Jadi akhirnya ngurung niat deh beli ini huhuhu. Tapi sekarang Alhamdulillah banget bisa nyobain ini tanpa ngeluarin kocek 😭. Yaudah cukup intro nya ya wkwk, kita langsung aja cus ke review nya, stay scroll and reading carefully!!! πŸ’•

Jadiii, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser ini adalah facial wash yang katanya enak gituu, nyaman di kulit deh “katanya”.

Kalau klaim dari produknya sendiri bilang gini sih:
Diformulasikan dengan bahan dari tumbuh-tumbuhan, formula pH rendah ini berfungsi untuk menenangkan, menyegarkan dan melembutkan kulit tanpa rasa kering/tertarik.

Ingredients:
Water, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroyl Methyl Isethionate, Polysorbate 20, Styrax Japonicus Branch/Fruit/Leaf Extract, Butylene Glycol, Saccharomyces Ferment, Cryptomeria Japonica Leaf Extract, Nelumbo Nucifera Leaf Extract, Pinus Palustris Leaf Extract, Ulmus Davidiana Root Extract, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Flower Extract, Pueraria Lobata Root Extract, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Allantoin, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Betaine Salicylate, Citric Acid, Ethyl Hexanediol, 1,2-Hexanediol, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Sodium Benzoate, Disodium EDTA.

Sedikit pembahasan mengenai ingredients:
Bisa dilihat bahwa cleanser ini memiliki bahan yang berfungsi sebagai surfaktan atau sebagai agent pembersih minyak, makeup, dan fatty substance lain di wajah yakni Sodium Lauroyl Methyl Isethionate, dan Polysorbate 20.

Untuk bahan yang berfungsi sebagai skin conditioning agent ada pada Cocamidopropyl Betaine, Butylene Glycol, Saccharomyces Ferment, Nelumbo Nucifera (Seroja) Leaf Extract, Ulmus Davidiana Root Extract, Allantoin, Caprylyl Glycol, dan Ethylhexylglycerin.


Ada juga bahan yang berfungsi sebagai humectant (menjaga kelembaban kulit melalui udara dan air atau jika tidak cukup lembab maka air akan diambil dari lapisan terdalam kulit) yang ada pada Butylene Glycol, Cryptomeria Japonica Leaf Extract, Pueraria Lobata Root Extract, dan Caprylyl Glycol.

Ada juga loh acne fighter ingredients yakni Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil dan Betaine Salicylate.

Untuk soothing agent nya terletak pada allantoin, yang mana bahan ini selain bagus untuk sensitive skin, baik juga buat oily skin. Kalau bahan yang baik untuk dry skin selain pada skin conditioning agent dan humectant agent, ada juga pada Oenothera Biennis (Evening Primrose) Flower Extract yang berfungsi sebagai cosmetic astringent.

Namun ada juga bahan yang berpeluang menjadi fungal acne trigger yakni Polysorbate 20 dan Saccharomyces Ferment. Tapi untuk seberapa besar peluang terjadinya fungal acne aku kurang tahu dan kurang yakin, karena ini kan cleanser yang bakal dibilas ya bukan mengendap di wajah kayak moisturizer dan kawan kawan, dan di dalamnya udah ada surfaktan sama acne fighter nya juga, soalnya tea tree emang jadi obat ampuh buat fungal acne setahuku.

Ngomong-ngomong soal judul Low pH, sebenarnya ngaruh gak sih pH buat kulit? Apalagi ini hanya cleanser ya, yang hanya beberapa detik aja di wajah.

Jawabannya, pH cleanser itu ngaruh ya temen-temen buat kesehatan kulit kita terutama buat pemilik kulit sensitive, acne prone dan kering. pH yang rendah itu adalah asam (acidic) dan pH yang tinggi itu adalah basa (alkali). Dan sesuai judul “low pH” nya, cleanser ini adalah cleanser yang acid ya. Dari beberapa referensi tester pH, aku menemukan hasil pH yang bervariasi dari facial wash ini, mulai dari 3,5 ; 5 ; 5,3 ; 5,5 dan 5,6. Kalau diperhatiin yang paling dominan itu pH nya kisaran angka 5 ya. Lalu kalau dirata-ratain hasilnya jadi 4,98. Dan pH acid mantle kulit yang baik untuk orang dewasa itu adalah 4 – 6 yang mana artinya pH acid mantle yang normal itu cukup asam.

Mengapa pH cleanser lebih berpengaruh pada kulit sensitive, kering dan acne prone?
Itu karena acid mantle nya mereka lebih rapuh dibanding kulit normal. Sebenarnya, kita sah-sah aja menggunakan skincare dengan pH yang ekstrim untuk tujuan kesehatan lainnya misalnya chemical exfoliation yang menggunakan bahan dengan pH sangat rendah, karena hakikatnya kulit kita memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri dan mengembalikan kondisi ke keadaan normal, namun pada kulit dengan acid mantle yang rapuh apabila di gunakan cleanser dengan pH tinggi secara terus-menerus dapat merusak kemampuan kulit kita untuk repair itself tadi, dan dapat menyebabkan kulit mejadi dehidrasi/kering dan iritasi. Selain itu, kulit wajah dengan pH asam (5.5) lebih baik dalam melakukan preventing the growth of bacteria atau pencegahan pertumbuhan bakteri dibandingkan kulit wajah dengan pH basa.

Impresi Pemakaian:
Pas di awal ngeluarin isi produk, aku merasa baunya cukup menyengat yang kurang nyaman, dan itu terjadi selama beberapa hari. Aku nggak tau itu karena apa, namun sekarang udah nggak lagi sih, entah karena sudah hilang atau terbiasa wkwkwk.

Busanya cukup, nggak terlalu foamy. Abis mencuci wajah pake ini juga kerasa lebih bersih dari minyak, tapi kulitku nggak jadi dehidrasi atau kerontang, ketarik atau panas sama sekali. Enak aja gitu rasanya. My typical of cleanser banget!

Efeknya pada jerawat, memang beruntusan purging dan jerawatku ada yang kempes, tapi produk dengan acne fighter aku nggak ini aja tapi juga Moisturizer dari Safi yang mengandung tea tree oil juga dan aku waktu itu pake Sheet Mask Brightening La Tulipe yang bisa ngalemin jerawat sama ngeringin beruntusan aku dalam semalam, jadi belum bisa dikatakan tok berhasil karena cleanser ini aja.

Untuk pencegahan jerawatnya, aku merasa ya masih ada satu dua jerawat yang muncul kok, tapi emang sejak pake ini nggak nimbulin breakout. Dan aku pernah liat review gitu, dia pake facial wash ini tetep ada jerawat, namun katanya nggak sebanyak yang dulu sebelum pake facial wash ini dan katanya beruntusan dia berkurang dibantu pake ini.

Aku recommend banget facial wash ini buat kalian yang pengen facial wash dengan pH sedikit asam, bikin kulit tetap nyaman, nggak bikin kulit dehidrasi/kering, dan punya ingredients buat acne fighter.

Kalian bisa beli di Sociolla dengan harga IDR 149.000 untuk ukuran 150 ml.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Ini favoritku banget! Face wash gentle pertamaku dan awalnya bingung kok busanya nggak banyak, tapi ternyata gentel face wash minim busa hihi. Dia bantu ngurangin bruntusan juga di aku karena ada tea treenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama! Ini juga jadi favorit aku banget sekarang!

      Delete
  2. Kurang paham mbak Farah kalo masalah produk kecantikan, soalnya jarang beli mbak, paling belinya bedak sama lipstik buat istri.πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  3. Aku udah lama pengen beli produk ini karena kata orang-orang produk ini bagus banget. Tapi sampai sekarang masih belum sempat beli sih. Soalnya sayang keluarkan uang lebih dari seratus ribu kalau hanya buat beli sabun muka. Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong mba, aku juga kalau bukan karena socobox mungkin sampe sekarang belum kebeli sama ini

      Delete
  4. This is one of my favorite products darling
    xx

    ReplyDelete
  5. wishlist dari zama behula wkwkw
    oiya itu baunya awal doang atau selama pemakaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama, aku juga udah lama banget pengen coba ini, baru kesampean sekarang karena socobox wkwkkw.
      Baunya itu selama pemakaian, dan terjadi beberapa hari di awal pemakaian.

      Delete
  6. Huhuuu aku juga baru pakai ini. Biasanya aku ngotot pakai cleanser yang lebih murah, karena toh langsung dibilas. Biasanya juga cocok. Kemarin2, karena overexfoliate kulit jadi lebih sensitif, akhirnya beli ini deh. Terus kaget ternyata enak banget dan penggunaannya hemat banget. Di aku busanya banyak mungkin karena dipakai buat bilas cleansing butter dan facial oil yaaa. tapi intinya nggak nyesel dan kayaknya bakal terus-terusan make :)

    Salam kenal ya farah!

    Mega
    http://tinydolce.com

    ReplyDelete
  7. this looks like a great product, i like their skincare but haven't tried the cleansing foam
    xoxo
    style frontier

    ReplyDelete
  8. hehe cuma bisa baca artikelnya aja mba, meskipun blm pernah coba pakainya

    ReplyDelete
  9. dari kemaren2 pengin nyobain produknya COSRX tap maju mundur takut gak cocok, mudah tergiur sama skincare yang lg trend akutuuu huhuuu

    ReplyDelete
  10. produknya pasti oke, apalagi klo bisnisnya lancar. Manfaatnya selain jadi cakep ya jadi kaya...he he he

    ReplyDelete

Youtube Channel

Follow by Email