Miranda Keratin Smoothing Spray Review

January 14, 2020



Hair care saat ini memang popularitasnya nggak se-‘tinggi’ skin care ya. Tapi walaupun begitu nggak sedikit orang-orang yang melakukan perawatan rambut baik itu di rumah maupun di salon. Aku sendiri sih, baru melakukan hair care semenjak duduk di bangku kuliah, ya nggak di salon sih hehe, hanya perawatan ala rumahan aja.

Walaupun aku berhijab, rambutku sempat mengalami kerusakan akibat sering dikeringkan menggunakan hair-dryer tanpa ada protection sebelumnya. Sejak itu aku nyari-nyari di youtube gimana sih cara orang merawat rambut mereka yang rusak, dan merawat rambut supaya tetep sehat walaupun pake hair-dryer. Nah, ternyata jawabannya adalah menggunakan hair care yang mengandung keratin. Sempat nyari produk yang sama dengan beauty vlogger tersebut, tapi nggak ketemu. Nggak patah semangat, aku korek-korek lagi isi minimarket di kampung eh nemu deh si Miranda Keratin Smoothing Spray. Nggak apa-apa deh, yang penting bisa nyoba dulu hari care yang ada keratinnya gituh.. wkwkwk

Jadi, Miranda Keratin Smoothing Spray ini adalah hair spray yang mempunyai klaim bahwa produk ini diformulasikan dengan keratin untuk menutrisi rambut, menjadikan rambut halus dan berkilau. Diperkaya dengan argan oil yang membantu menjaga elastisitas rambut dan menghaluskan rambut kasar.

Ngomong keratin mulu ya dari tadi. Jadi sebenarnya apa sih keratin itu? Jadi keratin adalah protein utama pada pembentukan kulit, kuku dan rambut bagian luar. Jadi, keratin ini sangat berpengaruh untuk kesehatan rambut, kilauan rambut dan keelastisitas rambut kita. Namun, keratin pada rambut kita bisa terkikis karena beberapa faktor seperti terpapar suhu yang panas serta penggunaan bahan kima yang keras dan sering. Sedangkan, argan oil berasal dari biji pohon Argan (Argania spinosa) yang mengandung asam oleat, asam linoleate, asam stearat, asam palmitat, vitamin e, omega-3, antioksidan polifenol, beta karoten dan xantofil yang berfungsi memberikan nutrisi dan menjaga kelembaban rambut, menjaga kesehatan kulit kepala, menjadikan rambut halus, berkilau dan mudah diatur, memperbaiki kerusakan rambut akibat proses penataan rambut seperti heat styling dan cat rambut sekaligus sebagai protector dalam heat styling.

Nah balik lagi ke produknya, cara penggunaan Miranda Keratin Smoothing Spray adalah semprotkan pada rambut yang kering atau basah (kalau aku biasanya dalam keadaan setengah kering setelah keramas), semprot nya itu di bagian sampai tepi rambut. Dan tidak perlu dibilas. Dianjurkan penggunaan sesering mungkin agar rambut menjadi halus.

Kesan pemakaian:

Menurutku, klaim menghaluskan rambut itu bener banget sih. Apalagi setelah dipakai sering sampe setengah botol, rambut jadi halus banget, walaupun aku nggak pake kondisioner. Tapi buat yang punya permasalahan rambut super megar dan kasar aku rekomendasiin dikombinasikan dengan penggunaan kondisioner atau masker rambut (buat yang butuh extra halus) dan vitamin rambut, agar hasilnya lebih maksimal. Sedangkan untuk klaim rambut berkilau, aku agak susah menilai karena keseharianku yang menggunakan hijab jadi nggak pernah melihat gimana kilauan rambut di bawah sinar matahari. Dan kalau menilai di dalam ruangan rasanya kurang afdol aja gitu wkwkwk.

Oh ya, selain klaim tersebut, aku merasakan manfaat lain dari hair spray ini. Jadi sebelumnya aku punya rambut rusak yang patah terus jadi mengeriting dan dia jadi tumbuh megar gitu loh, nggak jatuh, kayak megar sendiri aja gitu beda dari yang sehat. Dan rasanya setelah setengah botol pemakaian produk ini dan dikombinasikan dengan vitamin rambut spray, aku merasakan rambut rusak aku jadi berkurang. So pasti seneng dong.

_____________________

Keratin itu berbahaya?
Aku sempat baca di artikel dengan judul yang seolah-olah dibalik manfaatnya keratin ini memiliki bahaya. Heran sih, kan keratin itu udah protein komponen utama pembentuk rambut, kok bisa berbahaya? Namun setelah aku telusuri lebih dalam lagi, yang dimaksud bahaya dalam artikel tersebut adalah treatment pelurusan rambut di salon yang menggunakan keratin sebagai gimik penjualan padahal persentase keratinnya tidak sebesar bahan-bahan kimia berbahaya lain seperti formaldehyde, methylene glycol, formalin dan ammonia. Formaldehyde diketahui apabila tercium dapat menyebabkan sakit tenggorokan, mata sakit, batuk, mimisan bahkan kanker. Walaupun tanpa formaldehyde, zat kimia methylene glycol, formalin dan methanal bisa melepaskan gas formaldehyde saat dicampur dengan air. Boleh aja sih sebenarnya melakukan treatment ini, tapi sebaiknya satu kali setahun aja, terus ventilasi udara salon juga harus baik. Namun, untuk ibu hamil, menyusui, dan yang punya rambut rusak tidak direkomendasikan melakukan treatment pelurusan rambut ini. Jadi, udah paham kan, kalau yang berbahaya itu bukan keratin itu sendiri ya.

_____________________

Aku beli produk ini cuma IDR 16.000 untuk satu botol ukuran 50 ml.
Sekian dulu untuk review kali ini, see you on next post!


You Might Also Like

26 komentar

  1. Replies
    1. Iya mas, aku juga pengen repurchase tapi susah nyarinya

      Delete
    2. masa susah mba?? duh padahal murah :/
      eh tp kok aku sering dengar ya miranda keratin...maksudku dicarinya susah tp kaya sering denger gitu~

      Delete
    3. Iya mba rada susah aku nyarinya
      Kalau aku malah baru tau loh ada Miranda keratin wkwkwkw

      Delete
  2. makasih reviewnay, baru tahu merek ini

    ReplyDelete
  3. untuk peralatan skinker dan make up dijadikan referensi utk kado doi nih. bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini bisa jadi pelengkap hadiah yang temanya "kecantikan". Tapi ini bukan Skinker ya mas.. Ini make-up hehe

      Delete
  4. Liat judulnya Miranda, kirain nama orang, ternyata produk hair care untuk perlindungan rambut.😁

    ReplyDelete
  5. Hasilnya bagus dan harganya terjangkau sekali!! Aku beli juga deh, siapa tau cocok ya kaan. Thanks reviewnya :D

    ReplyDelete
  6. ngak perlu bilas rambut jika pakai produk ini ya mbak, salam kenal

    ReplyDelete
  7. Aku juga lagi getol melakukan hair care belakangan ini. Soalnya rambut rontok banyak banget, tapi sampe sekarang belum nemu produk yang cocok buat rambutku yang rontok ini. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh.. Semangat ya mba e, aku juga nih gak henti hentinya perjuangan merawat rambut

      Delete
    2. Teruslah berjuang mbak Farah :D

      Delete
  8. Saya tahunya Miranda ini pewarna rambut dong, kalau nggak salah dulu saya pernah make, saya dulu sering warnain rambut sendiri, dan cobain berbagai merk pewarna rambut hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya juga ya mba, tapi aku malah pertama kalinya ini mba nyobain produk miranda

      Delete
  9. wahhhh, murah bingit.. btw, kalo mau repurchase beli online aja mungkin mbaaa..
    oya, untuk wangi nya gimana mbaa? ada harum2nya gitu gak?
    aku udh mulai teracuni nih.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harumnya gentle mba, jadi masih kurang nendang haha. Tapi masih oke lah..

      Delete
  10. Pgn coba sih, kebetulan rambutku tipe yg gampang rontok, dan rapuh. Jd perawatan rambut extra dibutuhkan bangettttt. Udh sedih aja tiap sisiran rambut yg rontok tetep banyak :(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku saranin gini aja mba, pas mandi pake sampo sama conditioner yang bisa menguatkan rambut atau mengatasi rambut rontok, terus setiap habis mandi di kulit kepala nya pake hair tonic yang bisa mengatasi rambut rontok, terus bagian rambut mulai dari 1/3 sampe ujung disemprot pake hair spray yang berfungsi menguatkan rambut atau mengatasi rambut rusak, terus disemprot lagi sama vitamin spray. Nggak bakal lepek kok mba. Karena semua yang di spray di rambut water based bukan oil based. Jadi kalau rambut udah kering ya nggak lepek.

      Delete
  11. Ya ampooonn.. aku baru tau Miranda punya produk begini. Selama ini aku pakainya yang hair vitamin botol kaca itu, dan aku suka banget! Jadi pengen nyari yang varian ini. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete

Youtube Channel

Follow by Email