Skincare Untuk Remaja Dan Pemula

September 04, 2019



“Ha? Remaja udah pake skincare????? Alamak aku aja masih main tanah”
“Remaja udah pake skincare? Gedenya gimana?”
“remaja udah perawatan? Bisa rusak tu muka!”

Hihi, emang yang lebih tua bakal melihatnya aneh dan nakutin yang macem-macem ya. Padahal sebenarnya, investasi kulit itu perlu dilakukan sejak remaja lho. Tapi kuantitas atau jumlah skincare juga kandungannya nggak sebanyak yang kepala dua, kepala tiga.

Kalau Farah sendiri pake skincare sejak umur berapa?

Kalau aku ya, udah pake skincare sejak kelas 1 SMP dong wkakakak. Iya serius. Tapi pas masih kelas 1 SMP (baru puber) aku baru pake facial wash nya aja. Aku sih merek POND’S dll aman aman aja sih di muka ku yang dari remaja emang udah badak anti badai ini hahaha. Dilanjutkan setelah kelas 2 SMP aku mulai ada night and day skincare routine yang lebih banyak dari hanya sekedar sabun cuci muka. Nah, apa aja sih skincare buat remaja yang kebetulan aku juga pas remaja pake rangkaian skincare berikut, walaupun produknya atau mereknya gak 100% sama, tapi jenis skincare nya udah mewakili apa yang aku pake pas remaja. Yuk simak. 

Day Skincare
1. Facial Wash
Pembersih wajah yang dibusakan di tangan kemudian diusapkan ke wajah. Penting banget buat menghapus sisa kotoran ketika tidur semalaman. Produk yang bisa dipake contohnya  Emina Bright Stuff. Untuk harganya kisaran Rp 16.000. Kalau aku dulu macem macem sih hihihi, POND’S pernah, Wardah apalagi.

2. Sunscreen

Nahh, ini penting banget lho, selain bikin wajah menghitam, sinar UV juga berbahaya loh buat kesehatan, bisa menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Produk yang bisa dipakai Emina Sun Protection SPF 30 dan Wardah Sunscreen Gel SPF 30. Kalau yang aku pake dulu sih wardah sunscreen. Untuk harga Wardah Sunscreen Gel kisaran harganya Rp 33.500.

Catatan: Sepulang sekolah wajib cuci muka ya. Dan kenapa gak aku masukin moisturizer ke day skincare? Karena rata-rata anak remaja –SMP khususnya- wajahnya minyakan parah, dan masih di fase baru kenal skincare. Kalau tambah moisturizer di day skincare takutnya makin minyakan dan terasa “berat”, jadi aku simpulkan cukup sunscreen aja, kan sunscreen udah melembabkan juga, dan juga skincare yang terlalu berat di anak remaja malah jadi “gerah”.

Night Skincare
1. Face Cleanser
Oh tentu ini sangat penting, karena jangan sampai kamu tidur wajahmu dalam keadaan kotor, karena ini bakal jadi salah satu pemicu jerawat selain hormon. Dan juga ini untuk mempersiapkan wajahmu sebelum masuk ke urutan skincare yang lain.

2. Masker
Gunakan masker wajah seminggu sekali ya, ini penting banget buat memaksimalkan kesehatan kulit kamu. Juga dari masker bisa mencerahkan wajah dan menyerap kotoran lebih maksimal. Kalau bisa buat yang wajahnya minyakan, gunakan masker yang wash-off atau peel-off, jangan pake yang sheet mask dulu, nanti wajahnya jadi tambah minyakan. Contoh masker wash-off antara Himalaya Purifying Neem Mask harganya kisaran Rp 25.000. Contoh masker peel-off mask yaitu Garnier Light Peel Off Mask, untuk harga yang sachetan kisaran Rp 14.110 . Dan contoh masker jenis sheet mask adalah Innisfree My Real Squeeze Mask seharga Rp 19.000 untuk sekali pemakaian.

3. Night Cream
Terkesan kayak “ewh masih kecil dah pake kerim!” , tapi jujur ya, ini tu bener bener bermanfaat buat kulit. Dan aku juga merasakan gak ada masalah selama pake kirm malam ketika remaja. Malah kultku jadi makin terlihat berseri. Serius, aku ada cerita nih, pernah tuh adek kelas ku bilang “kak wajahnya diolesin pake darah mens ya?” , sontak aku kaget dong, terus aku jawab enggak lah, dan aku tanya kenapa emangnya sama darah mens, terus katanya “soalnya wajah kakak berseri gitu beda sama yang lain” dalam hati aku ngakak banget dong hahaha. O ya, Night cream sangat penting untuk menutrisi kulit juga mengatasi kulit yang kusam dan lain sebagainya. Contoh produknya adalah Garnier Light Complete Night Yoghurt seharga kisaran Rp 56.355.

4. Acne Spot Treatment

Nah, ini buat yang jerawatan penting banget pake ini. Karena, acne spot ini berfungsi untuk mengempeskan jerawat dan khusus untuk spot jerawat aja. Atau bahasa mudahnya di pake di atas jerawat aja gitu, bisa pake kapas atau produknya langsung yang diolesin, itu semua tergantung jenisnya. Contoh produknya La Tulipe Acne Total Care Lotion. Ini aman buat dipake untuk remaja dan juga masih bisa dipake sama orang dewasa. Soalnya aku pake ini, dan adekku cowo yang masih SMP pake ini karena aku tempelin paksa di mukanya juga dan alhamdulillah ada progressnya hihihi. Buat reviewnya bisa klik di sini. Untuk harga kisaran Rp 35.000.

Aku rasa, cukup segitu sih, karena buat pemula itu kan banyak pertimbangannya, mulai dari keuangan sampe kulitnya juga kulit masih “perawan” belum kena apa apa, jadi biar gak kaget kulitnya dan membentuk base skincare yang baik dulu, jadi sedikit-sedikit aja dulu dan yang ringan-ringan dimasukin ke skincare routine-nya. O iya, skincare remaja ini juga berdasarkan pengalamanku ketika masih SMP dan SMA ya, dan alhamdulilah hasilnya aku rasakan sejak remaja dan sampe sekarang masalah di wajahku itu gak terlalu banyak.  Kalau kalian pake skincare sejak remaja atau sejak 20-an?

You Might Also Like

16 komentar

  1. Wah, dulu waktu jaman2 SMP, Pond's itu jadi barang dewa dikalangan temen2 aku πŸ˜† sedangkan aku sendiri melek skincare pas udah kerja di usia hampir 30 πŸ˜†
    Memang sih ya, perlu juga kita skincarean sejak dini, at least sunscreen sama facial wash..karena kalo udah kena flek menahun, susah banget ilangnya di wajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga di kalangan kawan kawanku pas SMP SMA dulu, skincare masih jadi hal tabu yang hanya boleh dilakukan oleh "bu ibu" Atau "tante tante".

      Makanya gak jarang aku dulu dapet kontra dari orang tentang bahaya skincare bisa bikin wajah rusak malah katanya skincare pas remaja bikin wajah jadi muka tua sebelum umurnya hahaha.
      Aku sih waktu itu gak perduli, toh yang merasakan hasilnya aku, dan memang hasilnya itu nyata kulitku, aku juga gak merasakan tuh muka tua sebelum umurnya atau rusak gimana gitu 😁

      Delete
  2. Ya ampuuun rajin banget sih Farah :D

    Saya pertama kali ketemu facial foamnya Ponds pas udah kelas 2 STM, terus kuliah mulai merambah pakai face cream Ponds juga.

    Tapi cuman cream siang doang.

    Saya kenal cream malam setelah usia di atas 30 tahunan, sungguh telat banget hahaha.
    Sedihnya lagi, bahkan sunscreen pun baru ngeh setelah usia 30 tahunan ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sebenarnya selain keinginan sendiri, orang tua juga mendukung buat menjaga kebersihan kulit sejak SMP mba, jadi sebagian produk juga disaranin sama ibu hihihi.

      Gapapa mba baru kenal skincare usia kepala 2 atau kepala 3, lebih baik daripada gak sama sekali, ya kan mba?😁

      Delete
  3. skincare pertama wktu smp kls 1 wktu itu pakai facial wash juga karena jerawat.. habis itu ke dokter dikasih cream cream :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong, tapi aku bukan karena jerawat sih, dan aku juga gak ke dokter hehe.

      Delete
  4. samaaaaa kitaaa :D. aku dr smp udh pake pembersih, tapi bnr2 rutin itu smu. facial wash ama pelembab . awalnya itu dulu. sunscreen juga tp dulu lbh milih bedak yg udh ada kandungan sunscreen. dulu pakenya olay whitening, ama facial washnya.

    trus hampir tamat kuliah kuliah pake yg olay total effects. pas awal kerja sampe 5 thnan laneige. trus sempet agak gonta ganti produk, sebelum akhirnya SKII skr ini. kyknya ga pengen ganti lagi sih. skin care penting bgt. anakku ntr kalo udh smp, bakal aku paksa utk rutin. demi kulit yg sehat. berasa bgt kok mba, kalo memang rutin dr awal yaaa.

    kulit jd jrg masalah dan lbh kliatan muda. :D. skr ini, krn udh kebiasaan dr dulu bgt, aku ga bisa tidur tanpa cuci muka, bersihin, pake segala macem kayak FTE, serum, eyecream, moisturizer, sleeping mask kalo perlu. Ga bisa tidur kalo muka blm bersih

    ReplyDelete
  5. Aku baru pakai skincare SMA, mana tahu dulu sun protection itu penting. Alhasil banyak dark spot di area kulit. Sedib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kak, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali 😁

      Delete
  6. Aku suka nyesel dulu jaman remaja males banget pakai sun screen. Ya gak ngerti juga sih saat itu. Tapi beneran deh kulit tuh memang perlu dirawat. Gak perlu mahal yang penting produknya cocok di kulit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, ga perlu mahal yang penting cocok. Tapi kalo cocoknya ama yang mahal mau gimana lagi ya kan hahaha *canda

      Delete
  7. Halo Farah apa kabar? Usainya berapa sih? Anakku 14 tahun per hari ini hehehe. AKu mau beliin skin care basic aja buat membantu merawat kulit wajahnya. Emina udah beli sendiri dia. Pelembab bibir paling dan bedak tabur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba nurul, umur saya 20 th. Wah bagus tu mba. Gausah yang super lengkap tapi yang basic aja udah cukup buat remaja. Apalagi remaja nya itu yang gak bermasalah wajahnya, gak jerawatan gitu lebih gampang merawatnya.

      Delete
  8. peraawatan kulit emang dibuthin di segala umur, ga untuk yang dewasa aja bener banget tuuh

    ReplyDelete

Youtube Channel

Follow by Email