Cara Ku Mengatasi Jerawat

August 01, 2019



Jerawat emang udah jadi musuh para wanita ya, dari remaja hingga udah dewasa. Rasanya gemes gitu kenapa sih harus ada jerawat di dunia ini :’). Padahal di badan lain umumnya kan gak ada, kenapa kalo di wajah muncul gitu yah :’). Selain rasa sakit yang ditimbulkan, jerawat juga bikin rasa percaya diri kita berkurang dan takut nya lagi rasa dia ke aku juga menghilang :(.

Perjuangan gak sampai menahan rasa sakit dan tidak pede, tapi juga ngobatin jerawatnya itu juga loh, kalo dibiar makin parah, diobatin juga harus nemu yang cocok, dan sembuhnya juga perlu waktu, belum lagi bekasnya, terus bekas satu jerawat belum hilang, nongol lagi yang lain khan :(.

Memang, wajahku terlihat tidak banyak jerawat, tapi sebenarnya aku tu punya  gengs, hanya saja gak super banyak, makanya kurang kelihatan, dan tiap ada jerawat atau beruntusan langsung aku atasi biar gak makin parah. Makanya kelihatannya oke oke aja ni muka kata orang, padahal mereka gatau kalo aku juga diem –diem berjuang melawan jerawat :’). Nah, gimana sih caraku mengatasi jerawat itu? Aku ada tahap-tahapnya, nggak langsung buat statement judge produk terus ngamuk-ngamuk, saking hebohnya komplain sama produk yang dikambing hitamkan jadi lupa buat ngobatin jerawat dan beruntusan. Mau tau tahap-tahapnya hingga jerawat menghilang? Let’s check it out!

1. Liat Jenisnya
Pertama-tama aku selalu lihat dulu, jenisnya ini apakah beruntusan, jerawat gede yang ada nanahnya, atau jerawat merah besar timbul dan keras pula. Karena, dari jenisnya aku bisa perkirakan kapan penangan yang tepat dan kapan penangannya bisa terlambat, intensitas penggunaan acne skincare, dan akibat yang ditimbulkan, apakah bekas yang item susah hilang, atau seperti apa.

2. Identifikasi sebab
Penyebab jerawat dan beruntusan itu ada banyak, dan aku harus benar-benar teliti mengidentifikasinya, karena kalau aku salah identifikasi, tindak lanjut berikutnya malah salah dan malah jerawat beruntusan tetep stay di muka gak ngilang-ngilang.
Kalau aku sendiri penyebab jerawatnya itu bisa saja:
  • Gak cocok produk entah itu skincare atau makeup (dengan syarat aku memang baru saja nyobain produk baru, bukan udah berminggu-minggu atau sebulan pake baru muncul)
  • Sering menyentuh wajah
  • Menggunakan skincare atau make-up dengan tangan yang kotor dan keadaan wajah yang kotor. Nah sebab ini itu sering disalah artikan gak cocok produk, padahal kita sendiri yang mengaplikasikannya dengan keadaan wajah dan tangan yang tidak higienis, abis megang henpon langsung pake skincare atau makeup dengan jari. Yah, gimana mau kinclong dong.
  • Sponge, brush atau puff bedak yang sudah lama tidak diganti atau tidak dibersihkan
  • Pra-menstruasi
  • Tidur menggunakan make-up (bahkan tidur siang sekalipun)
  • Stress, entah karena terlalu banyak tugas atau ada masalah
  • Makanan yang tidak sehat, contoh: mi instan dan lain sebagainya
  • Sarung bantal yang kotor
  • Mengelap wajah dengan handuk atau kain yang diragukan kebersihannya


3. Tindak Lanjut
Nah, setelah menerka-nerka mana penyebab yang kira-kira menjadi terdakwa dalam masalah jerawat ini, aku akan melakukan tindak lanjut. Setiap penyebab mempunyai tindak lanjut yang berbeda ya.
  • Tidak cocok produk skincare atau make-up: menghentikan penggunaan sementara waktu kira kira beberapa hari, apabila jerawat nya mereda, aku tidak akan memvonis penyebab ini bersalah, kecuali apabila setelah itu aku pake lagi produknya, dan jerawatku nimbul lagi.. maka fix tuduhan yang selama ini aku lontarkan, dinyatakan benar!
  • Sering menyentuh wajah: kurang-kurangi sentuh wajah dan selalu mengingatkan diri apabila khilaf
  • Menggunakan skincare atau makeup dengan tangan yang kotor: selalu pake skincare dan makeup setelah cuci muka, karena keadaan tangan dan wajah masih bersih, jangan tunggu yang lain lain, nanti keburu tangan megang henpon dan muka kena debu.
  • Sponge atau puff bedak yang sudah lama tidak diganti atau dibersikan: kalau itu puff bedak tabur, aku bakal ganti baru, tapi kalo sponge dan brush aku masih cuci dulu, tapi kalo emang udah gabisa lagi hanya dengan dicuci, ya beli baru deh.
  • Pra menstruasi: menerima kenyataan
  • Tidur menggunakan makeup: kalo ngantuk langsung buru buru bersih muka pake makeup remover dan cuci muka, baru deh tidur. Pokoknya walaupun tidur siang pun gak boleh muka ini tertempel makeup! (pengalaman)
  • Stress karena tugas atau masalah: aku sadar menghibur diri aja tidak akan cukup mengempiskan jerawat, so aku berusaha lapang dada dan menerima kepahitan dunia ini.
  • Makanan yang tidak sehat: berhenti makan gorengan atau mi atau makanan penyebab lainnya dalam kurun waktu tertentu, kalo udah reda jerawatnya baru makan lagi deh hihi.
  • Sarung bantal yang kotor: ganti sarung bantal dong
  • Mengelap wajah dengan handuk atau kain yang diragukan kebersihannya: langsung berhenti gausah dilap lagi mukanya wkwk. Iya serius, aku dulu suka ngelap wajah, tapi sekarang abis cuci muka yaudah, nggak di lap lagi, pas masa transisi emang sulit rada janggal, tapi sekarang udah terbiasa sih.


4. Skincare Selama Jerawatan

Nah ini yang paling menentukan kempotnya jerawatku hihihi. Dan udah jadi andalan aku banget looh. Dia adalaah.. La Tulipe Total Care Lotion. Aku baru kali ini nemu lotion jerawat yang seampuh itu! Mau yang gede atau beruntusan, ludes semua, bahkan adik ku sendiri aku pakein ini secara paksa ke jerawatnya –LOL- karena ketidaktahanan ku melihat jerawatnya yang begitu banyak, dan alhamdulillah keesokan harinya banyak yang kering.

Di aku keberhasilannya itu bervariasi, tergantung jenis jerawatnya dan kapan penanganannya juga rutin atau nggak, kalo beruntusan atau jerawat kecil kecilan lebih cepat kering dibanding jerawat gede merah keras dan sakit itu. Penangannya yang terbaik itu ketika jerawatnya pas masih baru-baru tumbuh. Dan harus dilakukan rutin setiap malam atau siang.

Cara pemakaiannya gampang banget, sobek kapas seukuran jerawat kita, atau lebih besar sedikit, tuangkan lotionnya, tempel deh di muka seharian. Tapi hati-hati, kalau dipake berlebihan dan terlalu sering mengenai kulit yang gak jerawatan, bisa kayak merah merah melepuh gitu.

5. Skincare Bekas Jerawat
Kebetulan bekas jerawat aku tu bukan yang bopeng, tapi warnanya yang merah kecoklatan gitu. Kalo aku sendiri skincarenya apa aja yg cocok asal buat brightening atau mencerahkan (cerah ya bukan memutihkan), mau wardah atau la tulipe apapun mereknya, pokoknya yang mudah didapat dan cocok aja hehe. Terus aku juga harus rajin eksfoliasi kulit, biar sel-sel mati nya terangkat. Juga selalu pake sunscreen ketika keluar rumah, biar jerawatnya gak makin item. Tapi ini prosesnya lebih lama daripada ngempesin jerawat ya, bisa berbulan bulan gitu.

Baik pembaca, aku rasa ini sudah mereprentasikan aku dalam mengatasi jerawatku selama ini. Dalam tulisan ini, aku tidak memaksa kalian melakukan hal yang sama kayak aku, tidak memaksa kalian menggunakan produk yang sama kayak aku, itu semua kembali ke diri kalain sendiri dan kulit kalian, karena masalah kulit ini rada sensitif gitu ya. Dan tujuan aku menulis ini hanya ingin berbagi. Kalau memang mau diikuti boleh, tapi sekali lagi, ini bukan paksaan ya.. karena kalo mau diikuti, konsekuensi-nya ada dua berhasil atau gagal, dan kedua-duanya kalian yang merasakan.. baiklah, terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat :).


You Might Also Like

16 komentar

  1. Infonya bermanfaat mbak, makasih yah

    calonseo com

    ReplyDelete
  2. Ngurusin jerawat tuh harus telaten dan sabar bangettttt

    ReplyDelete
  3. Nyari penyebab si jerawat itu penting banget emamg. Biar tau harus menghindari apa. Soalnya kan nggak melulu salah pakai produk, bisa aja karena air yang dibuat mandi/cuci muka atau karena makanan 👌

    ReplyDelete
  4. Mau dong mba di share produk-produk membasmi bekas jerawatnya... aku udah stuck lama banget sama bekas jerawat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. InsyaAllah kalau ada kesempatan aku tulis ya:)

      Delete
  5. Kebetulan aku juga ngedraft artikel kayak gini dan masih mager lanjut🤣.
    Aku pas awal-awal jerawatan dulu juga pake obat totol la tulipe loh, tapi lama-lama jadi kayak gak ngefek gitu di aku. Bikin kulit makin kering juga😭😭.
    Thanks for the article💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Waduh.. Mungkin butuh acne care yang lebih ampun kali yak.. 🤔 Kalo aku sendiri sampe sekarang masih pake itu sih..
      Sama sama mba fazirotul firdaus 💕

      Delete
  6. bener mbak tidak semua jerawat sama solusinya :D

    ReplyDelete
  7. mbaaaa la tulipe ini memang baguuuuus utk atasin jerawat... aku tuh memang ga jerawatan skr ini, krn udh cocok ama skin care yg skr.. tp sblmnyaaa, aku tuh pernah 2x breakout parah gara2 alergi AHA yg ada di kandungan skincare seblumnya.. kalo udh pake yg ada AHAnya gila deh muka.. lgs breakout dan itu bisa lamaaaaa ilangnya.. aku inget bgt dulu pake la tulipe ini utk nyembuhin, ama bedak tabur nya sekalian... ampuh. suka laah..

    kalo aku perhatiin aku tuh lbh krn ga cocok produk , pre menstruasi dan kurang minum, baru jerawat mulai deh.. kalo udah gitu makanya aku hati2 soal skin care. skr ga mau lg ganti2 produk udah setia ama SKII aja.. kalo soal minum aku slalu 2 liter supaya kulit ga kering.. pra mens memang yg ga bisa diapa2in.. tp untungnya itu cuma 1-2 hr doang dan kemudian kering sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama dong produk kita :*
      Iya mba, kita kalo udah tau sebab nya, harus sebisa mungkin dihindari dan diatasi.. Tapi kalo pra mens, Terima aja lah wkwkwk

      Delete
  8. Jerawat hilang bekas pun datang huhu T_T

    ReplyDelete

Youtube Channel

Follow by Email