Alasan Mengapa Suatu Produk Makeup Hasilnya Berbeda Pada Setiap Orang

July 02, 2019


Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa sih hasil make up kamu dengan orang lain itu berbeda, padahal udah pake produk yang sama? Ya walaupun gak semuanya sama setidaknya fondinya sama lah atau cushionnya sama atau lipsticknya atau blush dan lain sebagainya. Pernah? Tau alasannya? Kalau kamu belum tau, aku punya sedikit informasi yang mungkin bisa membantu kamu. Oya, kalau ada yang kurang kalian bisa tambahkan di kolom komentar atau contact me at email or another social media.
Langsung saja, alasannya adalah


  • Undertone dan Skintone
Undertone adalah warna dasar kulit kita baik itu cool, neutral atau warm yang merupakan bawaan dari gen dan tidak akan pernah berubah walaupun warna kulit kita berubah menjadi lebih cerah atau gelap. Sedangkan skintone adalah warna kulit yang tampak langsung secara kasat mata misalnya kuning langsat, sawo matang, cerah atau gelap yang dapat berubah karena faktor-faktor seperti paparan sinar matahari, perawatan kulit, dan lain lain.
Walaupun sama-sama memiliki skintone yang sama misalnya gelap, belum tentu memiliki undertone yang sama juga. Oleh karena itu, bedak, foundation, blush, lipstick, highlighter dan makeup makeup berwarna lainnya akan berbeda hasilnya. Jadi, selain melihat hasil di orang lain, kita juga perlu tes ke kulit kita biar hasilnya gak bikin kecewa.
Untuk mengetahui jenis undertone kamu, dan warna apa yang cocok untuk undertone tersebut, kalian googling aja ya hehe.


  • Jenis Kulit
Jenis kulit kita tentu nggak selalu sama, ada yang dry, super dry, normal, combination (di bagian T zone berminyak, tapi sisanya kering), oily, sensitive, acne prone. Itu mungkin masih secara general, kalau aku sendiri sebenarnya bingung sama jenis kulitku, aneh gitu kulitnya , jadi kulitku itu normal tidak mudah berjerawat, tidak susah menemukan produk skincare (banyak cocoknya), skincare untuk kulit normal cocok, pake facewash normal to dry skin cocok, pake moisturizer normal to dry skin cocok, tapi gak jarang juga saya lihat muka saya berminyak kalo abis dari luar ruangan, pake facewash untuk oily skin juga cocok, tapii pernah tu aku cuci muka pake face wash khusus oily skin malah gak nyaman rasa ketarik dan kulit jadi makin kering, trus pake clay mask malah bikin kulit jadi kering dan kusam. Jadi bingung, kira kira jenis kulitku apa ya? Ada yang bisa bantu?
Oke udah curhatnya, jadi dari setiap jenis kulit tadi, punya makeup mereka (yang cocok) tersendiri. Buat sebagian orang yang memiliki jenis kulit tertentu, foundation yang dewy mungkin bikin wajah jadi kayak wajan penggorengan sedangkan di orang lain yang memiliki jenis kulit yang berbeda akan fine fine aja.
Selain bahas jenis kulit wajah, jenis kulit bibir juga berpengaruh lo, makanya kok temen pake lip cream matte keringnya gak parah, sedangkan kita kering pecah pecah ah pokoknya ga banget, nah mungkin itu krn jenis kulit bibir kita lebih kering daripada temen kita. 


  • Kondisi Kulit
Buat orang yang punya bekas jerawat yang banyak, komedo, pori-pori besar tentu tidak bisa disamakan dengan yang memiliki bekas jerawat dan komedo yang sedikit dan pori-pori yang kecil. Buat yang memiliki bekas jerawat banyak misalnya butuh foundation yang  coverage nya medium to full untuk menutupi bekas jerawat. Sedangkan yang sedikit bekas jerawatnya atau mungkin gak ada, coverage medium aja udah cukup. Itu baru soal jerawat ya, belum lagi yang pori sama komedo. Kita yang banyak komedonya sama yang enggak tentu hasil makeupnya juga beda. Orang lain yang komedonya nggak ada mungkin krn rajin bersihin komedo, hasil makeup akan lebih mulus. Begitu juga kalau pori-pori, orang mulus kita kok banyak lubangnya, mungkin karena ukuran pori-pori kita sama orang lain berbeda xixixi.


  • Persiapan Sebelum Makeup
Merasa makeup gak nempel sempurna? Susah di blend? Padahal liat di video tutorial enak enak aja? Atau liat temen pake makeup hasilnya oke dan awet terus nanya deh “pake produk apa?” yang arti produknya itu lebih kepada fondi, cushi, bedak. Pas dicoba di kita gak sebagus dan seawet di muka temen, itu bisa jadi karena kamu gatau di balik fondi, cushi, dan berbagai macam makeup lainnya, ada persiapan wajah yang perlu dilakukan seperti melembabkan wajah dengan moisturizer, menggunakan primer, setting spray dan lain sebagainya. Dan hal hal itu sangat menentukan proses blending dan finishing makeup kita lo guys. Apalagi kan kalo di video tutorial makeup ada yang ditunjukin persiapan sebelum makeupnya dan ada juga yang di skip padahal sebenarnya pake hanya saja mungkin untuk memepersingkat waktu jadinya di skip.
Persiapan sebelum make-up juga ada pada bibir, yaitu pelembab. Jadi ini juga alasan kenapa lip cream matte di bibir orang lain gak sekering di bibir kita.
Dan juga, persiapan sebelum make-up pada kelopak mata juga ada lhoo. Namanya eye primer dan eye base.


  • Teknik
Teknik ngeblend foundation/cushion yang berbeda hasilnya juga akan berbeda walaupun produk yang digunakan sama. Contohnya saja lama waktu ngeblend yang lama dan sebentar akan berbeda hasilnya, yang di dab dab sama yang digeser juga beda hasilnya. Kalau saya sendiri, pada praktiknya ngeblend yang cukup lama dengan di dab akan menghasilkan tampilan lebih baik hasilnya, pokoknya pas ngeblend itu harus sabaaar banget, karena aku berasumsi kalo dasarnya aja udah jelek pasti akhirnya juga jelek –itu sih di aku yaa gatau di kamu gimana-. Sedikit curhat lagi, dulu karena sering liat di video tutorial seolah olah ngeblend makeup nya itu sebentar (padahal di skip atau dipercepat) saya jadi ikut ikutan ngeblend cepat dan hasilnya zonk! Ternyata, setelah iseng buka video tutorial lain, vloggernya bilang, ngeblend yang baik akan butuh waktu yang lama dan harus sabar ,sejak saat itulah saya dapat pencerahan pemirsah.
Makanya jangan bingungs lagi okey kenapa makeup orang lebih bagus padahal produknya sama, mungkin ini salah satu sebabnya.


  • Finisihing Makeup
Liat hasil makeup, trus katanya dia di set pake bedak tabur biar matte dan di set pake setting spray biar awet. Tapi karena remehnya kita, dan dengan percaya dirinya me-skip/menyekip/men-skip -aku gatau gimana nulisnya tapi aku yakin kalian ngerti- finishing tersebut baik itu set dengan bedak tabur atau setting spray terus ngarep hasil yang sama? Trus dalam hati bergumam ahh hanya bedak tabur sama setting spray toh fondinya sama.
Hmmmm.


  • Suhu
Katanya makeup A awet, katanya matte, kok di aku enggak sih ih sebel!
Mungkin, orang yang kita jadikan patokan review itu tinggalnya di daerah yang berbeda dengan kita, suhunya lebih dingin, jadi gak mudah keringatan dan gak bikin makeup di muka minyakan dan gak lunturrs guys. Atau dia pakenya di dalam ruangan yang adem jadi gak keringatan dan bikin makeup oily, sedangkan kita membandingan hasil penilaian kita dengan dia pas kita pake di saat panas panasan keringatan di luar.
Kalo kita tinggal di daerah pantai mau disandingkan hasil makeup nya sama yang tinggal di dataran tinggi dengan satu produk yang sama kayaknya kurang cocok deh guys :( .


Sekian dulu sedikit informasi dari aku, maaf kalau kurang membantu atau salah kata, tapi dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya ingin kalian itu mendapat info gitu dari postingan ini :( jadi akutu ga sia sia lo guys nulisnya :’(. Oke, cukup disitu meweknya, sampai jumpa di postingan berikutnya :).

You Might Also Like

17 komentar

  1. Bagian undertone tuh sampe sekarang aku masih suka pusing :( Sampe sekarang masih ga tahu undertone aku apa karena kok kayaknya berubah ubah terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kok bisa 🀣, emangnya urat nadi mba berubah ya warnanya?

      Delete
  2. waduhh aku gabisa banget dandan yang pake teknik gni.. cuma bisa ngalis sama lipstikan aja. wkkww
    membantu banget artikelnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik mana yang gabisa mba? Yo wes la aku juga belum pro hahaha. Sama sama mba kuu

      Delete
  3. Penjelasan yang sangat rinci dan bagus sekali. Selain hal diatas kadang suka mikir, emang dasarnya mukaku jelek kali ya, jadi mau pakai makeup mahal pun hasilnya tetep beda dengan orang yg memang wajah aslinya cantik.wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketawa sekaligus miris wkwkwk. Aku juga gitu apalagi kalo liat selebgram. Makanya berusaha gak sering sering liat wkwkwk

      Delete
  4. Ini mungkin salah satu sebab hasil warna lipen di bibirku sama bibir tanteku beda, padahal produknya sama. Di tanteku warnanya bisa cantik pink semu coklat gitu, waktu aku yang pake warnanya jadi cenderung ungu. Beda skintone dan undertone ternyata.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, Pernah ga si liat review swatch lipstick di beberapa skin tone berbeda, hasilnya juga beda ada yang jadi pucat ada yg jadi pink dan hehe

      Delete
  5. Suka ngiri sama mbak ku yang effortless banget sama mukanya. Skincare-an jarang cuma pake FW aja... sementara saya pake skincare berlapis-lapis tetep aja jerawatan... sepertinya harus merubah lifestyle dulu nih...

    Emang harus banyak sabar aja sih kalo punya tipe kulit acne prone tuh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, tiap orang beda perjuangannya dalam merawat kulit. Semangat ya mba ku. Btw fw itu apa yah hehe

      Delete
  6. setujuuu banget. aku ngerasain sendiri kok, pake make up pas sdg liburan saat winter, itu aweeeet, walo aku jalan2 seharian. krn cuaca dingin dan ga bikin gerah. giliran di jakarta, wassalam. makanya kalo udh dikantor sebisa mungkin males kluar panas2an. make up ga awet :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku emang belum pernah winter winteran 🀣, tapi kalo ke daerah indo yang dataran tinggi itu makeupnya jadi awet aja gitu gak minyak parah

      Delete
  7. Aku baru tau kalo ternyata skintone dan undertone itu beda. Mungkin ini kenapa bbrp produk d aku yg menurutku skintonenya dah sama eh jatuhnya abu2.

    ReplyDelete
  8. Setuju banget nih ama artikelnya, kadang orang mupeng dengan sebuah produk hanya karena liat review di seseorang.
    Dibelilah dengan warna sama, pas dipake, kok ya nggak bisa secantik onoh ya.

    Padahal ya, warna jenis dan segala kulitnya beda hahahaha
    Contoh kecil aja lipstik, kecil sih, tapi masih banyak orang yang maramara gegara beli lipstik katanya dia nggak suka, gak keliatan bagus kayak si ono, lah bibirnya beda warna dong.

    Kalau saya sendiri sih beda lagi.
    Saya selalu percaya pada insting sendiri, saya pakai make up terserah diri sendiri, jadi meski orang bilang gak cucok, whateveerrr hahahahaha.

    Tapi sejujurnya saya masih bingung dengan milih warna bedak, kagak ada yang cucok di wajah, biasanya saya siasati dengan campurin segala warna yang saya punya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, aku juga org nya pede wae wkwk. Mungkin org yg suka maramara itu kurang research ke diri sendiri, jenis kulit warna etc dan produk yg dia mau beli itu utk warna kulit begimane, jenis kulit begimane, kebutuhan kulit yang begimane.
      Aku juga kalo sama bedak mood mood-ad gitu. Kadang pengen putih kadang nggak. Jadi ya aku punya bermacam warna jenis bedak 🀣

      Delete
  9. Skintone sama undertone itu bikin pusing sih, tapi kadang memang berguna juga biar nemuin rumus-rumus warna yang pas gak cuma buat make-up tapi warna rambut dan outfit juga.

    ReplyDelete

Youtube Channel

Follow by Email