DIY Setting Spray Simple dan Hasilnya

by - June 21, 2019


Hai semua! ☺ Bagaimana kabarnya hari ini? Aku doakan semoga kalian sehat dan selalu berada di bawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa🙏. Kali ini, aku mau berbagi sedikit tentang bagaimana cara membuat setting spray sendiri. Nah, tapi postingan untuk bukan bermaksud mengajak kalian beralih dari setting spray yang udah bermerek ke setting spray ala rumahan ini ya. Postingan ini lebih kepada pemanfaatan barang skincare yang ada di rumah sehingga lebih menghemat pengeluaran serta apabila ada event yang mengharuskan bermakeup tapi setting spray habis dan kalian mepet gabisa beli, kalian boleh coba ini.
Yang belum tau apa itu setting spray, jadi setting spray itu adalah bagian dari makeup seperti air dan disemprotkan ke wajah di awal makeup maupun di akhir makeup dengan harapan makeup jadi lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Pasti pernah kan liat youtuber atau di instagram mereka yang lagi tutorial makeup nyemprotin *sejenis air* ke wajahnya sebelum atau sesudah makeup.

Awal cerita sebelum aku bikin setting spray ini adalah ketika libur lebaran, aku suka banget nonton video makeup, blogwalking tentang makeup gitu. Dan setiap lihat atau baca rata-rata ada setting spray nya, pengen banget beli tapi sayang uang karena masih ada prioritas lain yang harus dibeli. Kemudian sampailah aku di suatu channel di youtube tutorial makeup tahan lama, aku pantau terus dan dia cerita setting spray nya buatan sendiri dan dijelasin gimana gimana nya lah. Nah, dari situlah aku terinspirasi buat setting spray sendiri tapi sedikit aku modifikasi dari channel youtube itu. Gitu deh😁.

Udah cerita nya, kita langsung aja ya ke bahan dan alat-alatnya.

Alat:
  • Botol spray. Awalnya aku pake yang bekas tapi setelah berapa kali pake rusak jadi beli lagi deh huhu.


Bahan:
  • Aloe vera gel. Aku pake yang wardah. 
  • Air mawar. Aku pake latulipe. (ceritanya semua bahan bahanya local product xixi) 
  • Air putih, kalo aku pake air minum karena aku beranggapan dari air keran takutnya ada kuman jadi aku pake air minum ehe.


How to make:
  • Untuk perbandingannya, aku pake perbandingan 3:1:1. Untuk air putih nya 3, air mawarnya 1, aloe vera gel nya satu. Jadi seperti gambar di bawah ini ilustrasinya.
  • Kalo aku mau buat ukuran satu botol penuh, aku coba bagi sampe 5 bagian, ya kira kira ajalah hehe. 
  • Abis itu 1 bagian aku isi aloe vera gel.
  • Isi 1 bagian lagi untuk air mawar.
  • Dan 1 bagian diisi air putih. Aku sengaja masukin 1 bagian dulu. Biar mudah ngocoknya. 
  • Dikocok sampe merata (aku agak lama sih biar merata). Masukan lagi air putih sampe 2 bagian tersebut terpenuhi baru aku bolak balikan botolnya biar tercampur rata lagi. Abis itu disimpan di kulkas.

Namun, apabila kalian mau coba bikin sedikit, misalnya setengah botol aja, kalian harus tetap pake perbandingan yang sama ya. Seperti gambar di bawah ini.

Dari setengah botol tersebut, kalian coba bayangkan membagi botol tersebut menjadi 5 bagian, terus kalian isi 1 bagian aloe vera, 1 bagian air mawar, dan 3 bagian lagi air putih. Kocok sampai merata dan simpan di kulkas.
Kenapa aku simpan di kulkas? Untuk hasil perbedaan yang signifikan sih nggak, tapi kalau disimpan di kulkas cairannya kan jadi lebih dingin, jadi kalo di spray ke wajah jadi lebih adem dan mengubah suhu kulit. Kan suhu kulit yang baik saat bermakeup adalah ketika wajah bersuhu dingin, karena membantu mengecilkan pori pori dan wajah jadi nggak kemerahan.

Hasil
Buat urutan pemakaian ketika pake makeup bisa kalian lihat di postingan aku sebelumnya atau klik disini.
Dan alhamdulilah selama pemakaian aku tidak mengalami breakout atau masalah lainnya sih. Karena ini adalah setting spray pertamaku, jadi aku belum bisa bandingkan sih tapi aku ada liat vlog di youtube air mawar gak kalah dari setting spray LT PRO. Makanya aku ambil manfaat air mawar itu ke setting spray ini dan aloe vera yang dicampurkan dengan air yang dijadikan setting spray bisa bikin makeup tahan lama. Makanya aku coba mix.
Dan hasil yang paling terlihat dari setting spray ini adalah ketika disemprotkan ke sponge cushion, warna cushion nya jadi lebih cerah dan nyatu sama kulitku. Terus jadi lebih enak buat di blend. Makeup ku juga jadi lebih smooth gitu kayak mendekati kulit bukan kayak topeng. Dan aku merasa makeup emang lebih awet dibandingkan kalo nggak pake. Biasanya kalo nggak pake 6 jam udah nggak smooth lagi, tapi kalau pake setting spray, walau udah 6jam masih kayak baru 1 atau 2 jam pake makeup gitu.

Ini adalah penampakan wajahku setelah pemakaian setting spray untuk nge-set makeup.

Dan di bawah ini adalah beberapa foto-foto aku pake makeup yang salah satu produknya adalah setting spray buatanku sendiri.

Alhamdulillah, setting spray ini berhasil di makeup aku, tapi aku nggak tau kalo di kalian seperti apa hasilnya. Aku berharap sih di kalian juga bisa berhasil. 🙏Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat buat kalian semua ya.☺

You May Also Like

6 Comments

  1. Itu ga jadi makin kering ya mbak setelah disemprot ke muka? Soalnya kandungan air biasa-nya kan dominan yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas aku pake sih gak bikin wajah kering tapi nggak ngelunturin make-up juga. Efek dewy tapi gak minyakan. Malah make-up ku jadi mulus dan tahan lama. Aku suka ❤

      Delete
  2. Wah, hasilnya lumayan ya. Tapi kalo aloe vera gelnya di skip bisa gak sih? Soalnya gak begitu suka sama aloe vera gel buat muka😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba.. Aku pake aloe Vera gel biar lebih afdhol aja manfaatnya 😁

      Delete
  3. Saya pernah buat ini, pakai aloevera Natrep dan air mawar Viva.
    Tapi nggak ngaruh di wajah saya.
    Alhasil beli punya Pixy aja hahaha.

    Saya cucok banget pakai pixy, make up awet ga pakai touch up dari pagi sampai malam.
    Kecuali dibuat wudhu sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awalnya tu pengen beli setting spray bermerek lah pokoknya mba, tapi karena saking krisis keuangan itu, alhasil coba pake bahan bahan yang ada di rumah hahaha.

      Delete