How to Make : Roti Isi Nanas

July 12, 2017

Buat kamu yang lagi bosen tapi laper tapi ga mau jajan dan lagi pengen bikin sesuatu, kamu bisa bikin roti nanas ini. Kalo bikin sendiri itu puasnya beda. Alat, bahan dan caranya bisa dilihat di bawah ini :

Alat : 
1. Mikser
2. Loyang, aku jadinya pake 3 loyang kecil
3. Baskom atau wadah sejenisnya
4. Timbangan
5. Oven , kalau yang aku pake sih oven listrik
6. Kuas

Bahan :
1. Tepung Cakra Kembar 500 gr
2. Gula 100 gr
3. Fermipan 1 bks
4. Telur, ambil kuningnya aja, 4 butir + 1 butir untuk olesan
5. Margarin 50 gr + 1 sdt untuk dioleskan ke loyang
6. Garam 1 sdt
7. Susu Fullcream bubuk 2sdm + 1 sdm untuk olesan
8. Air dingin secukupnya

Isian :
Selai Nanas (optional)

Cara Membuat :
1. Masukan 250 gr tepung, gula 1 sdm, Fermipan 1/2 bks, dan air dingin secukupnya, aduk dengan mikser sampai agak kalis lalu diamkan selama 1 jam.

Ini emang pake metode nggak langsung jadi dipisahin dulu setengah bahannya. Sebenernya bisa kok pake metode langsung, cuma kalo pake metode nggak langsung tekstur rotinya jadi lebih lembut dan seratnya lebih rapat terus rongganya nggak gede gede gitu. Kalo soal rasa sih tergantung bahan dan selera masing-masing.

2. Setelah 1 jam, masukan sisa bahan lainnya kecuali margarin dan garam. Aduk dengan mikser sampai agak kalis.

3. Masukan margarin dan garam. Aduk dengan mikser sampai kalis. Kemudian diamkan selama 20 menit.

4. Sembari menunggu, oles loyang dengan margarin. 

5. Letakkan adonan di atas wadah yang luas dan rata (kitchen countertop)

6. Tekan, jangan sampai tipis hanya untuk mempermudah pemotongan.

7. Potong adonan sesuai dengan ukuran/berat yang diinginkan

8. Tekan kembali adonan yang telah dipotong, isi dengan selai nanas (optional)

9. Bentuk lonjong atau sesuai selera , letakkan di atas loyang. 

10. Panaskan oven selama 5 menit dengan suhu 180 derajat celcius dengan api atas bawah

11. Kocok 1 kuning telur dengan 1 sdm susu bubuk, oleskan pada roti.

12. Masukan adonan ke dalam oven tunggu sampai kecoklatan, kemudian angkat.

13. Roti siap dimakan.

*tips : untuk mendapat garis garis seperti yang ada di foto, gariskan adonan dengan pisau yang tajam.





You Might Also Like

0 komentar

Youtube Channel

Follow by Email