9 Kebiasaan Yang Baik Untuk Wajah

July 27, 2017


Segala sesuatu dimulai dai hal-hal kecil. Begitu juga dalam merawat kulit wajah. Pernah ngerasain nggak ngapa-ngapain tapi jerawat muncul? Udah pake ini itu tapi masih jerawatan? Kemungkinan jawabannya ada 4, yang pertama, siklus menstruasi , yang kedua adalah kebiasaan yang kurang baik, yang ketiga adalah tidak cocok dengan suatu product kecantikan dan yang ke empat adalah karena stress. Nah, kali ini aku mau bahas kebiasaan yang baik untuk kulit wajah. Dan hampir semuanya berdasarkan pengalaman aku. Mungkin sebagian orang yang kulitnya tahan tanpa perlu melakukan kebiasaan dibawah ini juga wajahnya udah bersih, tapi berhubung yang nulis itu aku yang mana kulitku itu berminyak, jadi kebiasaan-kebiasaan ini lebih dianjurkan kepada orang yang wajahnya berminyak dan mudah jerawatan

1. Pada saat mau mencuci muka dengan facial wash, busakan terlebih dahulu di tangan. Jangan abis dipencet digosok ke wajah. Karena apa? Facial wash yang tidak dibusakan terlebih dahulu di tangan malah akan membuat facial wash nya keras. Dan zat-zat kimia yang keras tentu kurang baik kan untuk tubuh.

2. Sehabis mandi atau mencuci muka, jangan mengeringkan wajahmu dengan handuk dengan cara digosok. Cukup di tepuk-tepuk pelan saja. Karena menggosok wajah apalagi kalo kuat, akan membuat kulit iritasi dan kulit yang sedang bermasalah akan semakin buruk kondisinya.

3. Jangan terlalu sering menyentuh wajahmu dengan tangan. Apalagi ngelap keringat pake tangan. Jangan deh. Karena tangan kita itu sumber bakteri kalo nggak rajin cuci tangan. Bayangin deh, tanganmu dalam satu jam terakhir udah megang apa aja? Ngupil, megang lantai, tembok, hape, jabat tangan, garuk ini itu? Ingat, sesuatu yang kering nggak menjamin sesuatu itu bersih.

4. Ganti sarung bantal minimal 1 minggu sekali untuk kamu yang punya jerawat di pipi.
sebenarnya ini bukan berdasarkan pengalaman, cuma sering denger aja dari pakar pakar hehe.

5. Buat kamu yang berminyak, jangan cuci wajah kamu dengan air hangat. Mungkin sekali-sekali it's okay lah. Cuma kalo bisa pake air dingin aja. Karena air hangat itu berfungsi membuka atau membesarkan pori-pori , yang mana kalo pori-pori kita semakin besar,wajah akan semakin berminyak. Sedangkan air dingin itu berfungsi sebaliknya, mengecilkan pori-pori.. selain minyaknya jadi nggak berlebih pori pori yang kecil juga membuat kulit jadi terasa halus.

6. Cuci wajah dengan facial wash 2 kali sehari. Jangan jarang jangan terlalu sering saking semangatnya jadi 5 kali sehari. Kalo perlu gunakan toner.

7. Gunakan masker bila perlu 1 kali seminggu dan maskernya harus sesuai dengan kebutuhan kulit. Kalo kulit kamu jerawatan pake yang khusus jerawat ya. 

8. Selalu gunakan tabir surya ketika keluar rumah dengan SPF tidak kurang dari 30. 

9. Jangan gunakan pelembab ketika wajahmu sudah kering. Gunakan pelembab tepat sehabis mandi ya.

Cuma itu aja sih untuk kebiasaan. Sebagai catatan, buat kulit yang jerawatnya membandel, kamu perlu mempadupadankan kebiasaan ini + perawatan kulit khusus jerawat yang cocok sama kulit kamu ya.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Eh iya, kalau wajah udah kering, pelembab rasanya sulit meresap, apalagi kalau kulit berminyak, ngeblend dah skinkernya hahaha.

    Memang paling enak abis mandi, pakai tonner lalu 5 menitan kemdian pakai cream wajah :)

    ReplyDelete

Youtube Channel

Follow by Email